Mantan Kakam Beberkan Kecurangan Pilkakam Serentak

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Dasrul Aswin, mantan Kepala Kampung Buyutudik, Kecamatan Gunungsugih, Lampung Tengah membeberkan dugaan kecurangan yang terjadi saat pilkakam serentak di kampung setempat.

Menurut Dasrul, para calon dalam meraih simpatik masyarakat menghalalkan segala cara. “Contohnya dengan cara money politik yang besarannya sangat luar biasa,” kata Dasrul saat menyambangi Sekretariat PWI Lamteng, Senin (11/11/2019).

Dasrul menyatakan fakta itu betul terjadi berdasarkan investigasi yang dilakukan olehnya. Kata Dasrul, nekatnya calon membagi-bagikan uang karena ada alasan tertentu.

“Setelah ditelusuri ternyata para calon merasa sanggup mengeluarkan uang karena setelah menjabat dianggap mudah pulih. Bukan rahasia umum lagi bahwa setiap tahun kampung akan mendapat bantuan dana dari pusat yaitu Anggaran Dana Desa. Padahal dana desa itu untuk masyarakat,” paparnya.

Lebih jauh dijelaskan Dasrul, fenomena money politik terjadi hampir di setiap kampung yang menyelenggarakan pilkakam. Karena itu, pihaknya berharap aparat penegak hukum mengawasi secara ketat pengelolaan ADD oleh kakam.

“Menurut saya, masih banyak penggunaan dana desa yang belum sesuai dengan harapan. Bahkan terkesan menyimpang dari petunjuk pelaksana dan petunjuk tekhnis yang berlaku,” tegasnya. (cw29/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *