Warga Sendangagung  Lakukan Swadaya dan Gotong Royong Timbun Jalan


Radarlamteng.com, KALIREJO – Mengingat keberadaan fisik jalan kabupaten yang ada disepanjang beberapa kampung di wilayah Kecamatan Sendangagung, rusak parah dan sangat memprihatinkan, hal tersebut, menjadi perhatian khusus warga kampung-kampung setempat, terutama warga Kampung Sendangmulyo, Sendangrejo, Sendangagung, Sendangasri dan Sendangmulti. Sehingga mereka berinisiatif untuk melakukan swadaya dan gotong royong dalam rangka menimbun lubang-lubang yang terdapat pada badan jalan tersebut.

Hal itu semata-mata untuk membantu agar kendaraan yang melintas di jalan tersebut dapat lebih lancar. Kemudian juga untuk mengantisipasi timbulnya kecelakaan yang diakibatkan rusaknya jalan tersebut. Dan
memang sudah ada beberapa kendaraan truk yang terguling akibat terperosok dalam lubang yang cukup dalam.

Demikian seperti yang disampaikan oleh salah seorang tokoh masyarakat setempat, Siman. Dimana, ia bersama tokoh masyararakat Kecamatan Sendangagung lainnya, telah mengkoordinir warga, untuk melakukan swadaya dan gotong royong memperbaiki jalan yang rusak parah tersebut, yaitu dengan menimbun lubang-lubang yang terapat di badan jalan, yaitu dengan menggunakan batu sabes.

”Jalan kabupaten yang ada di kampung kami, keberadaannya memang rusak parah, yaitu terdapat lubang-lubang yang cukup dalam dan lebar, dan itu sudah terjadi cukup lama. Selain menghambat arus lalu lintas, keberadaan tersebut sangat rawan menimbulkan kecelakaan. Selain itu,lebih-lebih pada musim hujan seperti saat ini, selalu digenangi air, sehingga nampak seperti kubangan. Oleh karenanya, kami bersama berinisiatif untuk menimbun lubang-lubang yang ada di jalan tersebut, secara swadaya dan gotong royong,” jelasnya.

Masih dikatakannya, bahwa inisiatif penimbunan  jalan tersebut mendapat dukungan dari banyak pihak, terutama pihak pengusaha angkutan terutama angkutan jenis truk, yang memang sering melintas di jalan tersebut. Dimana dari pihak pengusaha terkumpul sebanyak 140 Rit batu sabes, yang semuanya digunakan untuk menimbun lubang-lubang yang ada di jalan tersebut.

Siman juga menyampaikan bahwa penimbunan jalan tersebut hanyalah sebagai salah satu alternatif agar jalan tersebut dapat dilalui kendaraan, sehingga arus lalu lintas tidak terputus, karena kondisi kerusakannya memang parah.

Oleh karenanya, dia berharap, khususnya kepada  pemerintah daerah, agar kiranya dapat memberikan perhatian serius dan kiranya dapat memfasilitasi agar infrastruktur jalan tersebut dapat segera diperbaiki. Mengingat jalan tersebut merupakan akses transportasi yang penting dan vital, untuk menopang kemajuan perekonomian dan sektor pembangunan lainnya. Yang kesemuanya bermuara pada peningkatan kesejahteraan umum. (den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *