SMPN 2 Seputih Mataram Gelar Perkemahan

Radarlamteng.com, SEPUTIHMATARAM – SMPN 2 Seputih Mataram, Lampung Tengah mengadakan perkemahan rutin setiap tahun untuk pelantikan anggota pramuka baru. Kegiatan kepramukaan tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik baru dan juga siswa kelas VIII, serta siswa kelas IX. Kegiatan kemah kali ini mendirikan tenda sekitar 78 tenda.

Sulaiman, S.Pd, M.Pd, selaku kepala SMPN 2 Seputihmataram didampingi Sumantri Rahmat, S.Pd selaku Ka Gudep sekaligus ketua panitia saat ditemui Radar Lamteng.com, Jumat (29/7/2022) mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan kepramukaan atau Perjusami (Perkemahan Jumat Sabtu Minggu) ini dilaksanakan selama tiga hari yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu dilingkungan halaman sekolah setempat.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan kemandirian, kedisiplinan, dan rasa tanggung jawab bagi siswa-siswi baru tersebut. Kegiatan ini juga, sambil mengenalkan kegiatan kepramukaan sedini mungkin, karena selama ini pramuka kurang banyak diminati oleh siswa,” ucapnya.

Dikatakannya, kegiatan kepramukaan di sekolah ini guna melatih adik-adik keterampilan mendirikan tenda dan membuat gapura serta membuat menara dengan menggunakan bambu dan tali. Adapun, kegiatan ini bagi seluruh siswa baru wajib mengikuti kegiatan perkemahan tersebut.

“Dalam kegiatan kepramukaan kali ini, kami mendirikan tenda sebanyak 78 tenda. Adapun, masing-masing tenda diisi oleh delapan sampai sepuluh siswa anggota pramuka. Sedangkan, untuk kegiatan kepramukaan pada siang hari pembina pramuka memberikan materi tentang kepramukaan dan memberikan materi tentang keterampilan. Adapun, kegiatan pada malam harinya diisi dengan kegiatan tentang keagamaan dan serta acara penutup kegiatan kepramukaan ini ditutup dengan acara api unggun,” ucap Leman.

Ia menambahkan, gerakan pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan yang merupakan bagian pendidikan nasional, bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spritual, sosial, intelektual dan fisiknya agar mereka bisa membentuk kepribadian dan akhlak mulia kaum muda. Dan juga menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara bagi kaum muda. Selain itu, meningkatkan keterampilan kaum muda sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot, dan pejuang yang tangguh, serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan.

“Kreatif, aktif dan berprestasi adalah beberapa hal yang harus dimiliki oleh para anggota. Anggota tidak hanya aktif dan berprestasi dalam kegiatan yang bersifat akademik. Namun, anggota juga di harapkan dapat kreatif, aktif, dan berprestasi dalam kegiatan yang bersifat non akademik. Praja Muda Karana atau yang lebih terkenal di masyarakat luas dengan sebutan Pramuka adalah sebuah organisasi dunia yang sangat mendukung perkembangan zaman di era globalisasi dan era yang sangat modern ini, dalam rangka membentuk karakter yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli sesama hidup, membentuk kaum muda yang berkepemimpinan yang baik dan berjiwa patriotisme,” ujarnya.

Oleh karena itu, gerakan pramuka SMPN 2 Seputihmataram mengadakan agenda tahunan gudep yaitu Perkemahan Penerimaan Tamu Galang atau perkemahan blok. Adapun, nama pasukannya yakni Cakra Yuda Wirapraja, dan Candra Yuda Wirapraja.

“Dalam kegiatan ini diharapkan akan membentuk watak dan kepribadian siswa-siswi baru agar senantiasa menjadi pramuka penggalang yang aktif, kreatif, serta menjadi pramuka penggalang yang patuh terhadap kedua orang tua,” pungkas Leman. (bil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *