Target Swasembada Pangan, Camat Gerakkan Petani Segera Terjun ke Sawah

Radarlamteng.com, SEPUTIHRAMAN -Momentum musim tanam padi tahun 2022 ini, ditangkap oleh Pemerintahan Kecamatan Seputihraman, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng).

Yakni dengan gerakan serentak menanam padi pada musim rendeng (musim tanam 1). Persiapan besar akan dilakukan menghadapi musim tanam tersebut, yakni dengan gropyokan tikus.

“Awal musim tanam tahun ini, kita mulai dengan mengantisipasi hama tikus, sejak dini. Hal ini penting sekali dilakukan, karena serangan hama tikus menjadi momok petani di wilayah kita, saat musim tanam padi,” kata Camat Seputihraman I Made Suryana, kemarin Jumat (14/1).

Kegiatan massal yang dilakukan secara serentak di 14 kampung wilayah kecamatan setempat, akan dilaksanakan pada 20 Januari mendatang.
“Berbagai persiapan sudah kita lakukan, bersama dengan Gapoktan, aparatur kampung, dan juga dinas terkait lainnya,” katanya.

Persiapan lainnya, sebanyak 7 kwintal belerang, diadakan untuk acara gropyokan tikus tersebut.
“Target kegiatan tersebut di lahan persawahan yang nantinya akan ditanami padi. Dan juga lahan darat (palawija) yang ada di sekitarnya,” terangnya.

Pihaknya juga menghimbau, peran serta seluruh masyarakat khususnya petani setempat, untuk mensukseskan program tersebut.

Data yang dipaparkan, tercatat luas areal lahan persawahan di Kecamatan Seputihraman sekitar 7.400 hektar lebih dan lahan darat sekitar 1.800 hektar.
“Daerah Seputihraman ini merupakan salah satu lumbung pangan dan kita bersama sama dengan semua pihak terkait, untuk mensukseskan musim tanam padi awal tahun ini.

Apalagi, sekitar bulan Mei nanti, akan ada proyek perbaikan irigasi, maka target waktu tanam padi harus tepat. Jangan sampai petani kita terlambat menanam,” harapnya. (Gde)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *