Ujian Sekolah di SMAN 1 Seputihbanyak Gunakan GCR

Radarlamteng.com, SEPUTIHBANYAK – Menghadapi Ujian Sekolah (US) sesuai kebijakan Merdeka Belajar dari Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, SMAN 1 Seputihbanyak melakukan persiapan. Ujian Sekolah dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan platform Google Class Room (GSR), yang menggunakan akun Google Suite For Education.

Kepala SMAN 1 Seputihbanyak I Made Sulatra, M.Pd Sabtu (27/3/2021) mengutarakan guna menyukseskan pelaksanaan Ujian Sekolah di SMAN 1 Seputihbanyak saat ini guru terus berlatih menyusun, memvalidasi dan merakit soal Ujian Sekolah. ” Tahun Ajaran ini siswa kelas XII harus melakukan Ujian Sekolah secara daring karena Pandemi Covid 19 masih belum berakhir, dan kondisi ini harus dihadapi dengan belajar dan ujian dlsekolah secara daring.

Ujian Sekolah, kata ia sebagai bentuk pelaksanaan ujian akhir bagi siswa-siswi kelas XII selama belajar di tingkat SMA. Meskipun dimasa Pandemi Covid 19, Ujian Sekolah tetap dilaksanakan demi memenuhi standar pendidikan bagi siswa. 

” Sehubungan dengan pelaksanaan secara daring yang memanfaatkan GCR dengan menggunakan akun Google Suite For Education diharapkan guru dan siswa dapat melaksanakan Ujian Sekolah dengan baik dan lancar, ” ujar Made.

Menurut Made Sulatra, soal-soal yang digunakan dalam US disusun dengan mekanisme yaitu, koordinator mata pelajaran (MGMP sekolah) menyusun kisi-kisi soal US, setiap guru dalam MGMP sekolah mendapat tugas membuat soal berdasarkan kisi-kisi, koordinator mata pelajaran memvalidasi kemudian merakit soal US. 

Kegiatan ini, dibimbing langsung oleh dirinya yang juga sebagai salah satu Tim Pengembang Kurikulum Dit PSMA Kemdikbud. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut selain untuk mendapatkan soal US yang baik, juga untuk melatih guru dalam menyusun soal sesuai dengan kisi-kisi dan capaian kompetensi dasar (KD). (sci/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *