Tingkatkan Kompetensi Guru, SMAN 1 Seputihbanyak Rutin Lakukan Workshop

Radarlamteng.com, SEPUTIHBANYAK – Demi menunjang peningkatan mutu pendidikan SMAN 1 Seputihbanyak terus menempuh langkah kongkrit. Realisasinya dengan rutin setiap awal semester melakukan workshop guna meningkatkan kompetensi guru sebagai garda didepan tenaga pendidik yang mencerdaskan anak bangsa. Workshop dilaksanakan setiap semester dan di ikuti oleh 63 guru. 

Kepala SMAN 1 Seputihbanyak, I Made Sulatra,M.Pd saat ditemui diruang kerjanya Senin (31/3/2021) lalu menyampaikan sejauh ini banyak yang mengatakan bahwa 50% keberhasilan itu karena adanya perencanaan yang baik dan matang.

“Seperti halnya guru, untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang baik diperlukan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang baik pula,” jelasnya.

Oleh sebab itu,  sejak menjabat sebagai Kepsek di SMAN 1 Seputih Banyak, Made Sulatra terus meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian berbasis capaian kompetensi dasar (KD) setiap awal semester. 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan analisis kurikulum darurat selama pandemi, analisis KD pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), lalu merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian. 

Made Sulatra menambahkan setiap guru bisa membuat soal, namun pertanyaannya apakah soal yang dibuat tersebut dapat mencerminkan capaian KD, ini adalah pertanyaan besar yang harus dijawab dengan berbagai program sekolah, salah satunya yaitu peningkatan kompetensi guru.

Selain workshop, kegiatan tersebut diteruskan dengan pendampingan secara individu maupun kelompok.  Pendampingan ini sebagai tindak lanjut penyusunan perangkat hasil workshop. (sci/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *