Terjadi Empat Kasus DBD, Puskesmas Gaya Baru V Fogging di Surabayailir

Radarlamteng.com, BANDARSURABAYA – Puskesmas Gaya Baru V, Kecamatan Bandarsurabaya melaksanakan fogging di Kampung Surabayailir, Rabu (19/2/2020). Ini sebagai tindaklanjut adanya kasus DBD di kampung setempat.

Kepala Puskesmas Gaya Baru V
Iwan Indrawan, SKM., di sela fogging mengatakan pada tanggal 16 Februari 2020 ada laporan dari masyarakat Kampung Surabayailir yang positif terjangkit DBD.

“Kami langsung melakukan kordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah dan hari ini langsung lakukan fogging,” kata Iwan.

Sampai saat ini, pihaknya mencatat empat kasus DBD. Untuk pencegahan agar tidak mewabah, ia mengimbau masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan. Dengan cara rutin melakukan gerakan PSN dengan 3M plus.

“Di saat musim penghujan seperti sekarang masyarakat hendaknya lebih waspada. Harus menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,” ajaknya.

Menurut dia, tindakan fogging bukan cara yang ampuh dalam memberantas DDB. Karena sifatnya hanya sementara. Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa.

“Untuk jentiknya tetap ada. Dan berkembangnya nyamuk tersebut sangat cepat. Jadi cara yang efektif adalah dengan melakukan 3M plus, dan melakukan gotong royong membersihkan lingkungan bersama,” pungkasnya. (cw4/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *