BPP Buminabung Siap Jalankan Program Kostratani

Radarlamteng.com, BUMINABUNG – Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Buminabung, Lampung Tengah (Lamteng) siap menjalankan program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani).

Kepala BPP Kecamatan Buminabung, Soleh, AMd., mengatakan bahwa Kostratani merupakan program baru jangka pendek yang digulirkan Menteri Pertanian (Mentan), Sahrul Yasin Limpo.

Menurut Soleh, program ini terbagi menjadi tiga tingkatan. Yakni tingkat kecamatan Kostratani, tingkat kabupaten Kostrada, dan tingkat provinsi Kostrawil.

“BPP Kecamatan Buminabung menjadi salah satu dari empat BPP di Lampung Tengah yang ditunjuk menjadi posko Kostratani,” kata Soleh.

Soleh membeberkan, ada sasaran yang menjadi target dalam program ini. Yakni menyamakan data, menjamin ketersediaan pangan tiga bulan ke depan, perbaikan konsep asuransi dan inisiasi bank pertanian serta penguatan manajemen pembanguan pertanian.

“Karena program baru dan saat ini masih tahap awal, kita terus berkoordinasi dengan seluruh pengurus Kostratani. Artinya kita siap menjalankan program ini sebaik-baiknya,” jelasnya.

Senada dikatakan Pairin, SP., salah satu dari empat penyuluh lapangan BPP Buminabung yang masuk dalam susunan Kostratani. Menurut dia, jajaran penyuluh siap mengawal program dari pemerintah pusat tersebut.

Yakni dalam hal peningkatan produksi pertanian tanaman pangan dan hortikultura serta peningkatan di bidang kelembagaan kelompok tani. “Sebagai contoh lembaga kelompok tani yang kurang aktif akan kita tingkatkan lagi,” ujarnya didampingi jajaran penyuluh, Doni Kurnia, Ismanto dan Kadir. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *