Dari Dana Desa, Pembangunan Fisik Kampung Indraputra Subing Meningkat Pesat

Radarlamteng.com, TERBANGGIBESAR- Program pemerintah pusat dalam peningkatan kemajuan infrastruktur kampung dan lainnya melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dalam beberapa tahun terakhir memberi dampak terhadap peningkatan pembangunan di seluruh desa sasaran penerimanya.

Tak hanya ADD, program Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat di seluruh Indonesia itu, terbukti telah menunjang kemajuan desa masing-masing.

A. Tarmizi Kepala Kampung Indraputra Subing, Kecamatan Terbanggibesar mengatakan, berkat dana desa, kemajuan pembangunan di kampungnya berjalan signifikan sehingga masyarakat merasakan adanya pembangunan tersebut.

Ia menyebutkan melalui ADD dan DD serta dana lainnya, yang diterima di Kampungnya untuk menyelenggarakan pembangunan fisik dan nonfisik, seperti
pembangunan jalan onderlagh sepanjang 1.250 meter di Dusun 1, 2, 3. Pembangunan drainase sepanjang 1.380 meter di Dusun 3, 6. Kemudian galian siring sepanjang 6 kilometer di Dusun 2, 3. Lalu, 1 unit jembatan di Dusun 4. Serta, pembangunan lapis penetrasi (lapen) sepanjang 1500 meter di Dusun 3, 4, termasuk dipakai untuk pemberdayaan masyarakat dan pelatihan lainnya.

“Pada tahap pertama, kami mengalokasikan pembangunan drainase yang telah mencapai 60 persen dan jembatan yang telah terealisasi 100 persen. Untuk tahap kedua ini, dilanjutkan penggalian siring, jalan onderlagh dan penyelesaian drainase ditahap pertama,” ujarnya.

Dengan luas wilayah 1.125,25 hektare masih ada 40 persen jalan yang belum tersentuh onderlagh. Ditahun ini, skala prioritas yang menjadi usulan warga, seperti lapen yang telah lama belum terealisasi, ditahun ini akan terealisasi. Karena menurutnya, jalan itu merupakan jalur, pertanian dan pendidikan.

Terlepas itu, A. Tarmizi beserta aparatur kampung dan masyarakat, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten atas digelontorkan ADD dan DD yang berkontribusi besar atas kemajuan pembangunan di kampungnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, yang telah menggelontorkan ADD dan DD. Alhamdulillah sudah terlaksana dan saya harap masyarakat dapat ikut menjaga infrastruktur yang telah dibangun,” tandasnya. (cw25)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *