APDESI Kecamatan Padangratu Partisipasi Memperingati Hari Pahlawan

Radarlamteng.com, PADANGRATU -Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Padangratu, Lampung Tengah (Lamteng), yang beranggotakan 15 kepala kampung (kakam) berpartisipasi ikut melaksanakan upacara ziarah makam di taman makam pahwalan (TMP) Wijaya Kusuma kecamatan setempat.
Menurut Ketua APDESI Kecamatan Padangratu, Tengku Irsan, peringatan Hari Pahwalan yang diperingati setiap tanggal 10 November, pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk penghormatan atas jasa dan perjuangan para Pahlawan dan pejuang yang telah mengabdikan hidupnya demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan menjaga tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
”Mari kita berdoa, semoga amal ibadah dan perbuatan para Pahlawan dan pejuang kita di terima disisi Allah SWT. Apalagi TMP Wijaya Kusuma yang ada di Kampung Padangratu, Kecamatan Padangratu, diakui oleh pemerintah Kabupaten Lamteng, sebagai taman makam pahlawan. Dan setiap tahunnya kami bersama Forkopimcam Padangratu melaksanakan upacara dan tabur bunga di makam pahlawan tersebut,” jelas Tengku Irsan.
Masih dikatakan Tengku Irsan, sengaja pada upacara ziarah makam memperingati Hari Pahlawan kali ini bersama anggota APDESI yang lain yakni Kakam Padangratu M Nasir Ismail, Kakam Mojokerto Agus Trimono, Kakam Bandarsari Raden Agus Ari Wibowo, Kakam Karangtanung Sutarjo, Kakam Sumbersari Sahril, Kakam Purwosari Suparjo, Kakam Purworejo Hartono dan Kakam Sriagung I Wayan Yulianta mengikuti upacara.
Dengan harapan agar generasi muda bisa menjadi generasi yang cerdas, generasi yang berguna bagi Nusa dan Bangsa. upacara tabur bunga ini sebagai bentuk penghargaan kepada para pahwalan. Karena tanpa bantuan mereka, kita tidak akan bisa seperti ini. Mereka yang berjuang untuk merebutkan kemerdekaan dari tangan para penjajah, tentunya harus kita hargai.
”Peringatan ini dapat jadi ceriman refleksi keteladanan untuk APDESI Kecamatan Padangratu bekerja keras mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera. Untuk itu, langkah besar dan semangat kepahlawanan para pendiri bangsa itulah yang perlu diseminasikan kepada perangkat kampung di kampungnya masing-masing untuk memberikan penguatan semangat dalam menghadapi setiap tantangan dan ujian,” kata Tengku Irsan.
Terakhir, kepada Radar Lamteng, Senin (12/11), Tengku Irsan mengajak semua APDESI Kecamatan Padangratu melalui momentum ini, mari kita jadikan satu langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi Negara maju dan bermartabat.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *