Meriahkan 17 Agustus, Warga Banjarmulya Gelar Perlombaan

RADARLAMTENG.COM, GUNUNGSUGIH – Mengisi Hari Kemerdekaan dengan berbagai macam perlombaan masih menjadi tradisi masyarakat di seluruh Indonesia. Seperti halnya yang dilakukan warga Lingkungan 5 Banjarmulya, Kelurahan Gunungsugih, Kecamatan Gunungsugih.

Dalam rangka perayaan HUT RI ke 73, ratusan warga Banjarmulya terlihat antusias mengikuti perlombaan yang diprakarsai oleh pemuda di daerah setempat. Perlombaan berlangsung selama tiga hari. 15-17 Agustus 2018.

Ketua panitia kegiatan Rusi Hidar didampingi Sekretaris Nina mengatakan, ada berbagai perlombaan yang digekar dalam memeriahkan 17 Agustus 2018 ini. Diantaranya, lomba azan dan ngaji yang diikuti anak-anak.

Lalu lomba balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, futsal pake sarung, panjat pinang dan lomba lainnya. “Puncak perlombaan dilakukan pada Jumat (17/8/2018) malam. Yakni cabang lomba menyanyi lagu dangdut yang dibuka secara resmi oleh Lurah Gunungsugih dan dihadiri Febriyantoni, Anggota DPRD Lamteng dari Partai Golkar,” ujar Rusi Hidar.

Pihaknya menambahkan, selain untuk mengisi Hari Kemerdekaan, tujuan lain diadakannya lomba yakni untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan warga.

“Selain itu untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan nasionalisme. Lalu dimaksudkan dalam menggali potensi-potensi warga untuk menciptakan kader pemimpin di masa depan,” terangnya.

Untuk itu, dalam setiap kali dilaksanakan perlombaan, unsur kepanitiaan sengaja diambil dari kalangan pemuda. “Hampir 80 persen yang terlibat di kepanitiaan dan peserta lomba, adalah anak-anak, remaja dan para pemuda/pemudi,” katanya lagi.

Menurut dia, kegiatan seperti ini rutin dilakukan oleh warga Lingkungan 5 Banjarmulya setiap tahun. Tepatnya saat 17 Agustus. “Setiap tahun dilakukan. Dan tahun depannya akan kita tingkatkan serta perbaiki kualitasnya,” tukasnya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *