Wujudkan Toleransi Agama,SMP Xaverius Gelar Sanlat  dan Bukber Ramadan 1445 H

Radarlamteng.com, TERBANGGIBESAR – Sebagai wujud nilai toleransi antar umat beragama SMP Xaverius Terbanggibesar, Lampung Tengah (Lamteng) menggelar pesantren kilat (sanlat) dibulan Ramadan dan buka puasa bersama siswa dan guru.

Menariknya meskipun sekolah yayasan mayoritas umat Katholik namun sekolah ini secara rutin setiap bulan suci Ramadan tetap mengadakan pesantren kilat dan buka puasa bersama.

Kepala SMP Xaverius Terbanggi Besar Robertus Bayu Wibowo,S.Pd mengutarakan terdapat 61 siswa yang beragama muslim dan juga guru pendidikan Agama Islam yang membimbing dan mengajar ilmu agama.

“Di SMP Xaverius tetap menjaga toleransi umat beragama, dan diharapkan kegiatan ini akan menjadi sarana untuk menebarkan kebaikan serta memperdalam keimanan,” ujar Bayu.

Tati Sumiyati, S.Ag.,M.Pd.I Selaku Guru Pendidikan Agama menambahkan dengan kegiatan ini tentunya untuk menuntun anak didik dapat semakin taat menjalankan agamanya.

” Kita harapkan melalui sanlat dan buka puasa bersama akan mengajarkan tentang adanya kebersamaan sehingga siswa juga guru bisa saling bersosialisasi terhadap teman-temannya meskipun berbeda agama,” ungkapnya.

Sanlat dan bukber digelar di aula sekolah pada Selasa (26/3/2024) yang juga diisi tausiah agama oleh Ustad Imam Machmudi,S.Pd. Selanjutnya dilaksanakan sholat magrib berjamaah, buka puasa bersama serta sholat tarawih bersama.

” Sesungguhnya Puasa itu untuk melatih kesabaran dan keikhlasan, jika ingin menjadi orang yang lebih baik maka berpuasalah,” tutur ustad Imam.(sci/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *