SMAN 1 Seputih Mataram Gelar Unjuk Karya Kewirausahaan P5

Radarlamteng.com, SEPUTIHMATARAM – SMAN 1 Seputih Mataram, Kecamatan Seputih Mataram, Lampung Tengah menggelar unjuk karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Tema Kewirausahaan. “Melalui Pengolahan Bahan Pangan Lokal Kita Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan”. Kegiatan tersebut diikuti seluruh siswa kelas X. Adapun, kegiatan itu bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) sekolah setempat, Rabu (1/3/2023).

Kepala SMAN 1 Seputihmataram Hj.Nurlina, S.Pd, M.M.Pd, menjelaskan bahwa di dunia pendidikan wirausaha telah dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran, tujuannya yakni melahirkan siswa-siswi yang siap untuk berwirausaha. Untuk itu, karakteristik wirausaha pada peserta didik perlu diterapkan melalui kegiatan-kegiatan di sekolah, dengan harapan agar mereka menjadi terbiasa untuk menerapkannya dan memiliki karakter yang siap menjadi wirausaha.

“Karya atau Expo ini merupakan puncak kegiatan pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dimana, kegiatan ini merupakan implementasi atas ide-ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh peserta didik sesuai dengan kelompoknya masing-masing baik berupa olahan makanan, minuman, dan lainnya,” ujar Nurlina.

Menurutnya, dalam gelar karya kewirausahaan ini melibatkan peserta didik kelas X untuk belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkungan kecil, mengasah jiwa wirausaha sejak dini, mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerjasama dan tanggungjawab, serta semangat pantang menyerah dalam berwirausaha.

“Alhamdulillah, antusias semua warga sekolah sangat tinggi, terbukti sebelum acara selesai sudah sold out. Dan ia pun berharap dengan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini peserta didik bisa lebih senang. Dimana di kurikulum merdeka ini bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaannya disamping akademisnya, dan mampu mengelola kewirausahaannya ke depan,” pungkas Nurlina. (bil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *