Kenakan Pakaian Adat Daerah, SMAN 1 Terusannnunyai Perkuat Semangat Persatuan Di Hari Sumpah Pemuda

Radarlamteng.com, TERUSANNUNYAI – Ragam pakaian adat daerah menghiasi pelataran SMAN 1 Terusan Nunyai pada Jum’at (28/10/2022). Dari Kepala Sekolah, guru hingga siswa secara istimewa mengenakan pakaian adat Nusantara guna memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Kepala sekolah Dra.Ratnawati,M.Pd berbalut pakaian adat dari daerah Sumatra Selatan (Palembang) yang makin menawan dengan mahkota siger di kepala. Begitupun dari jajaran wakil kepala sekolah yang juga mengenakan pakaian adat khas tanah Toraja Sumatra Utara, Bali hingga kebaya kain batik khas Jawa.

Demikian pula seluruh siswa memilih pakaian adat dari berbagai daerah lain di Indonesia. Hal ini ditujukan untuk lebih mendalami pengetahuan akan kayanya bangsa Indonesia dengan ragam budaya dari berbagai daerah.

Ratnawati mengutarakan harapannya bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda ini mempunyai sejarah yang berharga akan perjuangan generasi muda untuk terus berjuang dengan karya-karya terbaik melalui prestasi.

“Pelajar adalah generasi emas yang dimiliki bangsa, bila mereka sudah kuat rasa cinta tanah air, maka akan berusaha membangun bangsanya menjadi besar. Dan ragam adat yang berbeda akan menjadi sarana akan Bhineka Tunggal Ika yakni meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu bangsa, satu tanah air Indonesia,” tegasnya.

Ia berharap, melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut, para siswa dapat mengantongi lebih banyak ilmu dan meningkatkan daya ingat serta daya serap untuk menambah materi wawasan sejarah bangsa.

“Ada kami sebagai sekolah penggerak Angkatan 1 bergerak terus, terus bergerak sampai tidak bergerak. SMAN 1 Terusan Nunyai Jaya Djitu,” pungkasnya.(sci/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *