Program Serasi di Tiga Kecamatan, 2.154 Ha Lahan Siap Tanam

Radarlamteng.com, RUMBIA – Tiga kecamatan di Lampung Tengah (Lamteng) menjadi salah satu daerah sasaran program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Program yang digulirkan pada tahun 2019 tersebut berada di Kecamatan Rumbia, Putrarumbia dan Buminabung. Tiga kecamatan ini masuk dalam wilayah binaan Komando Rayon Militer (Koramil) 411-18/Rumbia sebagai perwakilan TNI AD dalam hal pendampingan program serasi.

Adapun, realisasi lahan siap tanam dari program serasi mencapai 2.154 hektare (Ha). “Ada tiga kecamatan dengan sembilan kampung. Luas lahan yang dikerjakan 2.154 Ha,” kata Danramil Rumbia, Kapten Inf. Saifu Rahman saat tasyakuran program serasi, Selasa (14/1/2020).

Lebih lanjut dia memaparkan bahwa saat ini lahan tersebut belum ditanami, karena curah hujan masih cukup tinggi. “Kalau sesuai rencana akan mulai ditanami padi pada bulan Maret nanti. Atau setelah musim rendeng (penghujan),” jelasnya.

Menurut dia, jika penanaman dipaksakan saat ini masih ada ancaman banjir. “Kalau banjir nanti malah menimbulkan kerugian. Jadi menunggu cuaca baik. Yang pasti, lahan-lahan itu sudah dalam posisi siap tanam,” pungkasnya.

Diketahui, serasi merupakan program Kementerian Pertanian dengan tujuan optimalisasi lahan yang terintegrasi dengan upaya peningkatan taraf hidup petani melalui bantuan pengembangan sistem irigasi di lahan rawa dan komoditas pertanian/peternakan.

Dalam program ini, Kementan bekerjasama dengan TNI. Kerja sama itu yakni dalam bentuk koordinasi pendampingan. Peran dan Fungsi TNI-AD dalam pendampingan pelaksanaan kegiatan ini antara lain mengkoordinasikan peran serta babinsa dalam kegiatan yang dilaksanakan petani.

Lalu membantu pelaksanaan survei investigasi desain (SID) dalam hal sosialisasi kegiatan dan mendampingi dalam proses survei lapangan. Kemudian mendampingi dalam proses pengerjaan fisik di lapangan. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *