Jelang Lomba Kampung Berprestasi, Kampung Variaagung Dibina

Radarlamteng.com, SEPUTIHMATARAM- Camat, Sekcam, Kepala KUA, dan Ketua tim penggerak PKK Kecamatan, serta Kepala UPT se-Seputihmataram Lampung Tengah, mengadakan pembinaan kepada aparatur dan kader PKK Kampung Vatiaagung. Pembinaan tersebut dalam rangka persiapan lomba kampung berprestasi tingkat kabupaten. Sebab untuk tahun 2020 ini lomba kampung dipusatkan di Kampung Variaagung.

Pembinaan yang dilakukan langsung oleh Camat Seputihmataram, Eko Meidianto, S.Pd, MM, Sekcam, Kepala Kampung (Kakam) Variaagung Sudiyanto, Sekkam, Puskesmas dan ketua TP PKK Kecamatan Seputihmataram, beserta seluruh anggota PKK dari kecamatan maupun Ketua PKK Kampung Variaagung, beserta kader dan instansi pemerintah lainnya.

Pembinaan ini dilakukan kepada kader PKK kampung dan langsung memberikan praktek cara membuat data-data. Dengan tujuan, pada saat penilaian lomba para kader PKK sudah bisa membuat data dan menjelaskannya kepada tim penilai dari kabupaten seperti pada saat lomba kampung tahun lalu.

Menurut Camat Seputihmataram Eko Meidianto, saat ditemui disela-sela pembinaan, Rabu (15/1/2020), pembinaan kepada kader PKK kampung ini sangat perlu untuk persiapan lomba kampung berprestasi. Sebab jika tidak ada pembinaan kader PKK kampung seperti ini mereka tidak akan siap bila ditanya oleh tim penilai nantinya.

”Pembinaannya meliputi administrasi PKK, kemudian lingkungan sehat, dasa wisma, kegiatan PKK kampung dan masih banyak lagi lainnya. Sebab semua pembinaan tersebut sesuai dengan kriteria penilaian pada saat lomba kampung nanti. Sehingga perlu dukungan dan kerja sama kepada semua pihak demi kelancaran lomba kampung nanti,” ucap Eko.

Lanjutnya, setelah diberikan pembinaan kader-kader PKK kampung diajarkan cara membuat data-data mengenai administrasi dan diajarkan cara menjaga lingkungan yang baik dan sehat. Sebab kegiatan PKK di kampung dan dasa wisma pun, harus aktif dilakukan setiap bulannya. Karena sarat utama untuk menambah nilai dari tim penilai pada pelaksanaan lomba nanti.

”Antusias para kader PKK kampung untuk mengikuti pembinaan ini cukup tinggi. Sebab, baik kader dan masyarakat yang hadir cukup banyak untuk mengikuti acara demi acara pembinaan baik dari TP PKK kecamatan dan kampung. Selain itu, mereka pun semangat untuk mempraktekkannya dan hasilnya pun cukup baik dari sebelum dibina,” tuturnya.

Diharapkan, setelah diadakannya pembinaan dari ketua TP PKK kecamatan dan kampung serta anggota ini. Kader-kader PKK kampung, bisa mengerti dan dapat membuat data dengan baik dan benar. Sebab, mereka mengikuti dengan semangat untuk bisa dan mengerti demi suksesnya lomba kampung tahun 2020 ini.

”Selain itu, untuk lingkungan sehat bagi warga yang belum melakukannya agar dapat memikirkannya dan mulai membersihkannya dan menjadi tanggung jawab dari Puskesmas Seputihmataram. Sebab, kebersihan kampung menjadi tanggung jawab kita bersama. Demi suksesnya acara lomba kampung berprestasi tingkat kecamatan ini,” harap Eko.

Sementara Kepala kampung Variaagung, Sudiyanto, selain diadakan pembinaan. Pihak kampung juga telah membuat jadwal pembinaan untuk tingkat dusun, nantinya para kepala dusun (kadus) RT dan masyarakat akan langsung dibina oleh Camat, Sekcam dan tim pembinaan lainnya dari Kecamatan Seputihmataram.

”Saya berharap, semua perangkat kampung bisa mengikuti pembinaan setiap pembinaan yang dilakukan dari tim pembina kecamatan. Semoga dengan jerih payah yang akan kami lakukan, Kampung Variaagung bisa menampilkan yang terbaik pada tim penilai dari Kabupaten Lampung Tengah. Apalagi hasil kerajinan dari PKK kampung maupun Karang Taruna juga akan ditampilkan pada puncak penilaian lomba nanti,” pungkas Sudiyanto. (bil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *