Ajang Penguatan Struktur, MWC NU Seputihagung Gelar Konfrensi

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Anggota DPRD Lampung Tengah, Kiai Slamet Anwar menjadi tuan rumah dalam agenda Konfrensi Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Seputihagung, Kabupaten Lampung Tengah.

Ajang untuk penguatan struktur NU itu dilaksanakan pada hari Minggu (12/01/2020) di Pondok Pesantren Tri Bakti AL Ikhlas Bumimas.

Konfrensi pada tahun ini mengangkat tema Membangun Militansi dan Kemandirian Organisasi yang merupakan salah satu langkah untuk penguatan setruktur dan meminta kultur serta membumikan tradisi.

“Konfrensi ini, bertujuan untuk memilih ketua baru periode 2020-2025. Pada periode sebelumnya di pimpin oleh Kiai Habibi Abdilah sebagai Rois Syuriah dan Kiai Ikhsan Alatik sebagai Ketua Tanfidziah. Dalam Pelaksanaanya nanti akan menerapkan sistem Ahlul Halli Wak Aqdi atau Ahwa dalam memilih Rais,” ujar Slamet Anwar.

Sistem pelaksanaan konfrensi ini, sesuai dengan perubahan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga NU pada Muktama ke 33 NU lalu untuk lebih tertib. “Ini merupakan langkah maju, karena selama ini sifatnya adalah aklamasi. Kini lebih tertib sesuai AD/ART NU tentamg pemilihan dan penetapan pengurus,” jelasnya.

Lanjutnya, sehingga nama-nama kiai calon anggota Ahwa, setiap ranting diminta mendelegasikan 2 orang pengurus sebagai kandidat Rais untuk menjadi anggota Ahwa. Sementara dalam pemilihan ketua tetap melalui pemungutan suara langsung.

“Ada 10 ranting yang akan memberikan suara, dan pengurus ranting masing-masing mempunyai hak 2 suara,” imbuhnya.

Dirinya berharap pada konfrensi ini, NU Seputihagung dapat memiliki struktur yang sehat dan mampu mengatur organisasi dengan baik. “Begitu juga untuk NU Seputih Agung, diharapkan terus berupaya memperhatikan Nahdiyin dalam berislam serta menjaga tradisi budaya yang sesuai dengan aqidah ahlussunnah wali jama’ah, ” paparnya.

Ia berpesan kepada seluruh jajaran pengurus ranting MWC NU Kecamatan Seputih Agung agar NU bisa berperan aktif dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah, pembangunan yang dimaksud yakni pembangunan mental dan spiritual masyarakat serta pendidikan agama. Selain itu, juga terus membangun kondusifitas ditengah masyarakat, di tengah kuatnya isu politik.

“NU bisa memberikan manfaat kepada umat, terus tingkatkan kegiatan rutin di tingkat ranting. Kami percaya NU bisa menciptakan kerukunan dan kesejukan di Lampung Tengah. Bersama NU negara Kesatuan Republik Indonesia pasti akan tetap utuh dan bersatu,” harapnya.

Ia juga berharap, agenda konfrensi MWC NU ini bisa di jadikan sarana untuk saling bersilaturahmi dan ajang konsolidasi antar ranting dan MWC NU di kecamatan setempat. “Jadikan konfrensi ini sebagai tempat temubkangen antar pengurus ranting dan MWC NU,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, juga di hadiri oleh Ketua PC NU Lampung Tengah, KH Imam Suhadi, dan KH Nurdaim dan Camat Seputih Agung serta tokoh masyarakat setempat. Juga di hadiri anggota Banser dan Pagar Nusa. (cw26/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *