Harga Sembako di Bandarjaya Merangkak Naik

Radarlamteng.com, BANDARJAYA – Memasuk awal tahun 2020 harga beberapa sembako di Pasar BandarJaya Plaza merangkak naik. Ini terlihat dari pantauan radarlamteng.com, Selasa (07/01/2020).

Bahan pokok yang alami kenaikan, di antaranya beras naik dari Rp 10 ribu/kg menjadi Rp 11 ribu/kg, lalu minyak goreng curah dari harga sebelumnya Rp 9 ribu/Kg naik menjadi Rp13.500/Kg.

Begitu juga gula pasir naik dari harga Rp 12 ribu/Kg menjadi Rp 13 ribu/Kg. Kenaikan berkisar Rp 1.000, namun untuk telur ayam ras mengalami penurunan harga, Rp1000 dari Rp 25 ribu/Kg menjadi Rp 24ribu/Kg.

Berdasarkan informasi dari beberapa pedagang di pusat perbelanjaan terbesar di Bandarjaya Kecamatan Terbanggibesar ini, meskipun ada kenaikan, stok barang terpantau normal. Sementara itu untuk bawang merah harganya juga ikut naik dari Rp 24 ribu/Kg menjadi Rp 25 ribu/kg, lalu bawang putih kenaikannya dari Rp 25 ribu/Kg menjadi Rp 26 ribu/Kg. 

Salah satu pedagang Ati (29) mengatakan kenaikan ini sudah berjalan sejak 3 hari pada pekan pertama di tahun 2020 ini. “Sejak tiga hari lalu, enam jenis barang harga sembako ini mulai beranjak naik, mungkin kenaikan ini karena adanya musim hujan,” kata Ati.

Ia mengaku bingung penyebab kenaikan harga sembako tersebut sebab persediaan barang cukup banyak di tingkat pedagang. “Yang jelas, saat pedagang distributor masuk pasar harganya naik. Sehingga kami terpaksa menyesuaikan harga penjualan kepada konsumen,” paparnya.

Senada diungkapkan Dewi (43), pedagang kelontong di pasar tradisional Kampung Poncowati Kecamatan Terbanggibesar. Ia mengatakan kenaikan harga sembako saat ini merugikan pedagang. Ia mengaku omzet turun karena daya beli masyarakat berkurang.

“Sejak harga naik, omzet turun sekitar 25 persen sebab, konsumen mengurangi pembelian pada bahan kebutuhan harga sembako yang mengalami kenaikan”, pungkasnya yang berharap pemerintah daerah bisa segera ambil langkah untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako. (sci/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *