SMK Pelita Bangunrejo Gelar UKK

Radarlamteng.com, BANGUNREJO- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelita Bangunrejo, Kecamatan Bangunrejo, Lampung Tengah (Lamteng), setelah sukses menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) beberapa waktu lalu. Untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dilaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

UKK yang diikuti 135 siswa yang terdiri dari porgam keahlian atau jurusan Akuntansi (AK) 47 siswa, Administrasi Perkantoran (AP) 54 siswa dan Pemasaran (PM) 34 siswa dilaksanakan dari Rabu (10/4) hingga Selasa (16/4) diawasi atau diuji langsung dari Dunia Industri (Dudi) baik dari pemerintah kecamatan, toko modern maupun perbankkan yang ada di Kecamatan Bangunrejo.

Menurut Kepala SMK Pelta Bangunrejo, Drs Suwari, tujuan diadakannya UKK ini untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK baik materi, praktek maupun terjun langsung kedunia industri atau prakerin.

”Saya berharap melalui UKK ini dapat diketahui pencapaian kompetensi siswa, khususnya masing-masing jurusan atau program keahlian. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada tim penguji yang turut berperan di UKK seperti Camat Bangunrejo, H A Rahman, S.Pd, M.M dan lain sebagainya,” harap Suwari, kepada Radar Lamteng, Sabtu (13/04/2019).

Lebih lanjut Suwari mengatakan, materi yang diujikan diantaranya untuk kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran dengan Kepala Jurusan (Kajur) Drs Djoko Susilo yakni mengetik kecepatan, mengelola kearsipan, dana kas kecil, mencari informasi melalui internet dan membuat bahan presentasi serta melakukan komunikasi melalui telpon.

Lalu, Pemasaran dengan Kajur Lusia Sri Sulastri, S.Pd, membuat desain promosi, menata produk, cas register, timbangan digital dan lebeling. Sedangkan Akuntansi dengan Kajur Eka Holifah, S.Pd, mengola buku jurnal, memproses buku besar, laporan keuangan, komputer akuntasi (Myob), Spread Sheet dan tes lisan atau wawancara.

”Memang UKK ini selain untuk dasar kelulusan siswa, ujian ini juga digunakan untuk menunjang keterampilan siswa sebagai bekal saat sudah lulus. Apalagi sudah banyak lulusan SMK Pelita Bangunrejo, yang menjadi pengusaha, pemerintahan dan lain sebagainya. Sebab lulusan SMK banyak dibutuhkan didunia industri,” pungkas Suwari. (win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *