Sumbangan ke NasDem Rp160 juta, PKS Terima Rp44,2 juta

Radarlamteng.com, TERBANGGIBESAR – KPU Lampung Tengah menyebutkan hanya ada dua partai politik (parpol) yang menerima sumbangan dana kampanye secara tunai. Hal itu diketahui setelah Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) disampaikan 14 partai politik ke KPU setempat, Rabu (2/1/2019).

Kedua parpol itu masing-masing Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sedangkan 12 parpol lainnya hanya menerima sumbangan dalam bentuk jasa pemasangan alat peraga kampanye.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Audit Dana Kampanye KPU Lampung Tengah Faizal, S.H., M.M. mengatakan, LPSDK diterima KPU hingga pukul 18.00 WIB pada Rabu (2/1) lalu dan hasil akhir diketahui ada dua parpol yang memiliki sumbangan dana tunai cukup besar.

Partai NasDem mendapatkan sumbangan uang tunai tertinggi yakni sebesar Rp160 juta sedangkan PKS menerima sumbangan uang tunai Rp44,2 juta.

“Paling besar LPSDK Partai NasDem dengan Rp162 juta. Tapi dari nilai itu, Rp2 juta dalam bentuk jasa pemasangan alat peraga kampanye dan sisanya Rp160 juta dalam bentuk uang tunai. Sementara PKS total sumbangan yang diterima Rp49,2 juta dengan rincian, Rp5 juta dalam bentuk jasa pemasangan alat peraga kampanye dan Rp44,2 juta dalam bentuk uang tunai,” sebut Faizal, Kamis (3/1/2019).

Sementara Komisioner KPU Lampung Tengah Siti Khodijah, S.H. menjelaskan, dari 16 parpol hanya dua yang tidak menyerahkan LPSDK, yakni Partai Berkarya dan PKPI. Karena kedua parpol sejak Laporan Awal Dana Kampanye tidak menyerahkan ke KPU Lampung Tengah.

Selain LPSDK parpol, kata Siti Khodijah, pada waktu yang bersamaan diterima juga LPSDK pasangan calon presiden Jokowi-Ma’ruf Amin dalam bentuk jasa pemasangan alat peraga kampanye Rp3 juta dan Prabowo-Sandiaga Uno Rp2,5 juta dalam bentuk jasa pemasangan alat peraga kampanye.(jar)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *