Mengenal Komunitas Sedulur Onthel Club Kotabaru

Radarlamteng.com, Padang Ratu—Untuk melestarikan sepeda tua dan memasyarakatkan hidup sehat dengan bersepeda serta meningkatkan semangat hidup kekeluargaan, Drs. Sarmin, M.M, bersama Sekretaris H. Edy Tohadi, M.Ag dan Bendahara Warkoni membentuk komunitas sepeda onthel yang diberi nama Komunitas Sedulur Onthel Club Kampung Kotabaru, Kecamatan Padangratu, Lampung Tengah (Lamteng).

Komunitas Sedulur Onthel Club Kotabaru yang dibentuk 10 November 2018 lalu, beranggotakan sekitar 44 orang dari Kampung Kotabaru. Agar keberadaan komunitas sepeda tersebut dikenal kemasayarakat, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018 lalu mengadakan tour atau berkeliling ke kampung-kampung bahkan ke kecamatan tetangga.

Menurut Ketua Drs. Sarmin, M.M, setelah dibentuk dan supaya keberadaan Komunitas Sedulur Onthel Club dikenal ke masyarakat mengadakan tour keliling kampung dan kecamatan. Adapun rute yang ditempuh star awal dari lapangan merdeka Kampung Kotabaru menuju Kampung Srikaton dan Bumijaya, Kecamatan Anaktuha lalu dilanjutkan ke Kampung Tanjungjaya, Kecamatan Bangunrejo.

Tidak hanya berkumpul bersama teman-teman yang memiliki hobi yang serupa, komunitas ini juga memiliki kegiatan lainnya. ”Kegiatan kami mencakup seni, budaya dan sosial. Komunitas ini kami bentuk sebagai wadah atau komunitas bagi para pecinta sepeda onthel di Kampung Kotabaru,” jelas Sarmin, kepada Radar Lamteng, Kamis (15/11).

Masih dikatakan Sarmin, sepeda onthel dipilih karena sepeda onthel dinilai memiliki nilai historis yang tinggi, abadi dan kepopulerannya tak lekang oleh waktu. Komunitas Sedulur Onthel Club Kotabaru lebih ingin dikenal sebagai sebuah paguyuban, karena mereka lebih menekankan rasa kekeluargaan, persaudaraan dan kekompakan.

”Saya berharap, Komunitas Sedulur Onthel Club Kotabaru lebih eksis lagi dan semakin banyak anggotanya. Saya juga mengajak bagi komunitas sepeda onthel dari luar kampung, bisa bergabung untuk melaksanakan tour yang akan rutin kami lakukan setiap minggunya. Dengan tujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar anggota,” pungkas Sarmin.(win)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *