Camat Padangratu Gelar Upacara dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Radarlamteng.com, PADANGRATU -Camat Padangratu, Lampung Tengah (Lamteng), Yudairi Hasan, S.Sos, M.IP, bersama Kapolsek, Danramil dan Sekretaris Camat (Sekcam) M Jamaludin Hidayat, melaksanakan upacara tabur bunga di makam pahlawan Taman Kusuma, Kampung Padangratu, kecamatan setempat.
Upacara tabur bunga tersebut, dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahwalan 10 November. Upacara yang dipimpin Danramil Padangratu, Kapten Inf Fanzila, juga dihadiri kepala kampung (kakam), sekretaris kampung (sekkam), sekolah-sekolah, tokoh adat, tokoh masyarakat, PTPN 7, kepala sekolah, dewan guru, linmas, RT, staf kecamatan, TP PKK dan semua instansi se Kecamatan Padangratu.
Menurut Camat Padangratu, Yudairi Hasan mengatakan tujuan diadakannya upacara tabur bunga ini untuk memperingati hari Pahlawan secara nasional. Agar para generasi penerus, khususnya uspika Kecamatan Padangratu yang menjalankan roda pemerintahan bisa mengambil makna untuk mengisi kemerdekaan dengan tulus dan iklas untuk mewujudkan tujuan kemerdekaan Republik Indonesia.
”Saya berharap kepada seluruh generasi penerus, khususnya di Kecamatan Padangratu bisa mengambil hikmah bahwa pahlawan yang mereka korbankan bukan saja harta dan jiwa akan tetapi nyawa. Sehingga kita bisa mengisi kemerdekaan dengan baik dengan tulus dan iklas,” harap Yuda kepada Radar Lamteng, Senin (12/11).
Yuda juga berpesan dan mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada disekitar makam pahlawan Taman Kusuma ini untuk bisa menjaga dan merawat makam pahlawan. Sebab makam Pahlawan Taman Kusuma di Kecamatan Padangratu ini, merupakan makam pahlawan satu-satunya yang ada di Kabupaten Lamteng dan diakui Negara.
”Saya berharap, dengan adanya peringatan Hari Pahlawan di makam pahlawan Taman Kusuma ini, bisa menumbuhkan rasa syukur dipikiran dan jiwa kita. Khususnya di masyarakat Kecamatan Padangratu, tentang nilai-nilai kemerdekaan. Karena para pahlawan ini telah mengorbankan jiwa, tenaga dan pikiran, harta serta nyawa mereka untuk memperjuangkan meraih kemerdekaan,” ujar Yuda.
Sehingga kita tinggal mengisinya dan mempertahankan Negara kesatuan Republik Indonesia. Mudah-mudahan dengan adanya upacara ini, dapat tumbuh kembali rasa memiliki kemerdekaan. Khususnya memilki Kecamatan Padangratu ini. Semoga peringatan Hari Pahlawan seperti ini bisa rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Makam Pahlawan Taman Kusuma.
”Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng, dengan adanya makam pahlawan dan hanya satu-satunya di Lamteng, yang sudah dipugar dan direnovasi. Sebab makam Pahlawan Taman Kusuma dibangun untuk ikon Kabupaten Lamteng tentunya,” jelas Yuda.
Sementara ketua panitia yang juga Sekretaris Camat (Sekcam) Padangratu, M Jamaludin Hidayat, mengatakan upacara ditutup dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan, setelah upacara penghormatan kepada para pahwalan di Makam Pahlawan Taman Kusuma. Kegiatan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di monumen makam dan tabur bunga di makam para pahlawan tersebut.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *