Peringatan Hari BUM Desa 2023, GGF Dapat Kado Penghargaan CSR dan PDB Award

Radarlamteng.com, BINTAN – Great Giant Foods (GGF) mendapat kado istimewa pada momen peringatan Hari BUM Desa 2023 yakni penghargaan Silver Award untuk Program Great Indonesia Project Stunting 2022 Healthy Lifestyle Program. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Corporate Affairs GGF Welly Soegiono.

Pada kesempatan tersebut Welly Soegiono menyampaikan, penghargaan ini adalah penghargaan kedua yang diterima oleh GGF dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang bermitra dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF).

” Tahun lalu kami juga menerima penghargaan serupa untuk program Creating Shared Value (CSV),” terangnya.

Melalui Direktur Corporate Affairs Memperingati hari Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang jatuh pada tanggal 2 Februari 2023, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang bermitra dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF), memberikan sejumlah penghargaan kepada perangkat desa yang menjadikan desa mandiri dan perusahaan yang turut berpartisipasi dalam memajukan perekonomian dan pembangunan desa melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Acara yang digelar dalam bentuk sarasehan dan pesta rakyat digelar di Teluk Bakau Kabupaten Bintan Kepulauan Riau (1-2 Februari 2023). Hadir Mendes PDTT Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pdbyang menyampaikan, kado di Hari BUM Desa pertama yang paling monumental adalah dimulainya operasional aplikasi nomor induk jenis usaha yang dikelola oleh kementerian investasi dan penanaman modal.

“Dengan launchingnya aplikasi tersebut eksistensi BUM Desa telah diakui secara konstitusional sehingga upaya peningkatan perekonomian di berbagai desa dikelola dengan lebih modernnya,” ujarnya.

Program Great Indonesia oleh Great Giant Foods (GGF), yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah, sukses menekan angka prevalensi stunting (gagal tumbuh pada balita) di Kabupaten Lampung Tengah. Jumlah kasus stunting di Lampung Tengah pada 2018 mencapai 27% dari 3.680 balita yang tersebar di 10 desa, yaitu Bandar Putih Tua, Gedung Ratu, Riau Periangan, Tanjung Rejo, Buyut Udik, Cabang, Gunung Batin Udik, Mataram Ilir, Mataram Udik dan Tulung Kakan.

Melalui program Great Indonesia, lanjutnya yang telah berlangsung selama satu tahun ini, GGF memberikan sosialiasi dan pendampingan pencegahan stunting kepada warga di lima desa dengan kasus tertinggi. Hasilnya, angka prevalensi stunting di kabupaten dengan semboyan Beguwai Jejamo Wawai tersebut turun sebesar 18 persen.

Program Great Indonesia oleh Great Giant Foods (GGF) telah dilakukan sejak tahun 2019 dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah serta stakeholder terkait. Program ini dilakukan di Kabupaten Lampung Tengah yang sampai tahun 2022 telah mencapai target total 4.200 penerima manfaat.

Adapun desa lokus penerapan program ini diantaranya, Gunung Batin Udik, Buyut Udik, Mujirahayu, Ramayana, Mataram Udik, Bandar Jaya Barat, Karang Endah, Indra Putra Subing, Onoharjo dan Nambah Dadi. Dalam program ini GGF mencoba menerapkan program Pola Asuh, Pola Makan dan KRPL melalui berbagai aktivitas di lapangan dengan menyasar balita, Ibu hamil, Ibu menyusui, remaja hingga Kelompok Wanita Tani (KWT).

Secara data, Lampung Tengah telah begitu signifikan mengurangi prevalency stunting. Dimana pada tahap awal pengukuran saat stranas Stunting dikeluarkan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) tahun 2018. Berdasarkan Riskesdas 2013 masih 52,68% hingga data terbaru berdasarkan data dari Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 angka prevalency stunting di Lampung Tengah mencapai 20,8%.

Welly menambahkan, capaian ini adalah hasil yang baik atas sinergitas multisektor di lapangan dalam upaya pencegahan stunting dan GGF menjadi salah satu pihak swasta yang membantu akselerasi pengurangan angka stunting tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya Pemerintah Pusat telah memberikan ruang dan menggajak perusahaan serta perorangan agar terus berpartisipasi dalam memajukan Desa, ISSF memberikan sejumlah penghargaan baik untuk program CSR yang dilakukan maupun perorangan yang telah berjasa dalam percepatan pembangunan desa.

Melalui ajang CSR & PDB Awards tahun 2023 ini CSR dan PDB Awards diikuti oleh 53 perusahaan yang telah lolos seleksi dari 75 perusahaan yang ikut ajang penghargaan ini. Dari jumlah yang diseleksi tersebut, sebanyak 25 diantaranya adalah perusahaan baru.(rls/sci/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *