Puskesmas Seputihsurabaya Launching BIAN 2022, Target Sasaran 12 Ribu Anak

Radarlamteng.com, SEPUTIHSURABAYA – UPTD Puskesmas Seputihsurabaya, Lampung Tengah launching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 tingkat kecamatan di PAUD TK Pertiwi Kampung Gaya Baru 2, Kamis 19 Mei 2022.

Sesuai jadwal, BIAN akan berlangsung dari 19 Mei sampai 19 Juni 2022. Di Kecamatan Seputihsurabaya sendiri menargetkan sasaran sebanyak 12.018 anak.

Rinciannya, imunisasi Rubella 8.948 anak dan imunisasi kejar bagi yang belum lengkap sebanyak 3.070 anak.

Ini dikatakan Kepala UPTD Puskesmas Seputihsurabaya, Ns. Albertus Suharlambang, S.Kep., MM., yang diwakili Kabag TU, Umi Kulsum, S.Kep. Ns., usai launching.

Menurut Umi, sasaran BIAN adalah anak dengan umur 9 bulan sampai kurang dari 12 tahun. Meski akan berlangsung selama 1 bulan, pihaknya menargetkan pada 6 Juni nanti bisa selesai.

“Tim dari puskesmas akan turun ke sekolah-sekolah, baik PAUD, TK dan SD untuk mengejar target selesai pada 6 Juni. Untuk minggu pertama ini, kita menyasar TK. Selanjutnya minggu depan ke sekolah SD. Lalu dilanjutkan ke posyandu di masing-masing kampung. Memang untuk saat ini siswa SD kelas 1 sampai 5 sedang libur karena ada ujian siswa kelas 6,” kata Umi.

Pihaknya meminta peran serta kalangan pendidikan dan orang tua anak untuk menyukseskan BIAN yang merupakan program pemerintah ini.

“Ini program gratis yang harus dimanfaatkan. Program seperti ini juga belum tentu ada setiap tahunnya,” kata Umi.

Dijelaskan Umi bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas anak dampak dari pandemi, agar terhindar dari berbagai penyakit. Apalagi saat ini sering muncul penyakit baru.

“Intinya program ini untuk mencetak anak bangsa lebih sehat. Ayo bantu kami untuk menyukseskan. Jangan takut. Karena efek imunisasi ini juga tidak terlalu berat. Mungkin hanya demam ringan saja. Bahkan pada beberapa anak tidak mengalami efeknya,” pungkasnya.

Sekcam Seputihsurabaya, Lukmansyah yang hadir dalam launching BIAN berujar, pencanangan BIAN adalah upaya promotif dan preventif pemerintah untuk menutup kesejangan imunitas kesehatan di masyarakat dampak dari pandemi Covid-19.

“Harapannya kekebalan masyarakat terbentuk, sehingga pada akhirnya bisa mencapai eliminasi Campak-Rubela, mempertahankan status Indonesia Bebas Polio, mempertahankan eliminasi tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir serta mengendalikan penyakit difteri dan pertussis,” ucapnya.

Dia menyatakan sangat penting dukungan dari seluruh orang tua/wali murid untuk dapat mengikutsertakan putra-putrinya pada kegiatan BIAN demi mendukung kesuksesan program tersebut dan capaian realiasi sasaran bisa di atas 100 persen.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kapolsek Seputihsurabaya Iptu Y. Budi Santoso, Danramil, serta seluruh kakam di kecamatan setempat. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *