Menag: 1 Ramadan Jatuh pada Minggu 3 April 2022

Radarlamteng.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan awal puasa atau 1 Ramadan jatuh pada hari Minggu 3 April 2022.

Hal ini dipaparkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat konferensi pers hasil Sidang Isbat penetapan 1 Ramadan 1443 H, Jumat (1/2/2022) malam di Auditorium Kemenag RI, Jakarta.

“Berdasarkan hasil sidang isbat dan kita sepakati bersama menetapkan 1 Ramadan jautuh pada hari Ahad 3 April 2022,” kata Menag Yaqut.

Menag menjelaskan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Berdasarkan pantauan hilal di 101 titik, Yaqut menjelaskan tidak ada satu pun yang melihat hilal. Dengan demikian, 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Sidang isbat ini melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Kemudian juga melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan sebagainya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *