Minat Vaksin Covid-19 Warga Buminabung Ilir Tinggi

Radarlamteng.com, BUMINABUNG – Minat warga Kampung Buminabung Ilir, Kecamatan Buminabung, Lampung Tengah (Lamteng) mendapat suntikan vaksin Covid-19 cukup tinggi.

Ini terlihat dari jumlah warga yang datang pada kegiatan percepatan vaksinasi di balai kampung setempat, Kamis (14/10/2021).

Percepatan vaksinasi di Kampung Buminabung Ilir telah berlangsung dua kali. Sebelumnya, telah dilakukan pada Senin (11/10/2021) dengan menyuntikan 300 dosis pertama.

Kakam Buminabung Ilir, Rokhimi mengatakan kuota dosis pada percepatan vaksinasi kali kedua ini sama dengan kuota pertama, yakni 300 dosis.

Menurut dia, kuota 300 dosis yang disiapkan tidak mencukupi jika dibandingkan dengan masyarakat yang akan vaksin.

Namun, tenaga kesehatan sebagai tim vaksinator tidak mampu melayani lebih dari 300 dosis dalam sehari.

“Memang tenaga kesehatannya yang terbatas. Kalau masyarakat yang datang dan hendak vaksin ada sekitar 400 an. Jadi yang belum tervaksin hari ini, dilakukan vaksin di agenda selanjutnya,” kata Rokhimi.

Dikatakan dia, tingginya antusias warga lantaran sudah mengerti manfaat dari vaksin. “Jadi mereka tidak takut lagi untuk vaksin,” bebernya.

Rokhimi menjelaskan bahwa sesuai taget Presiden Jokowi, pada akhir Desember 2021, 70 persen masyarakat Indonesia sudah harus tervaksin lengkap.

Asumsi untuk di Kampung Buminabung Ilir, ada sekitar 4.000 KK. Setiap KK, kurang lebih ada 3 jiwa, artinya ada 12 ribu.

“Katakanlah yang 3.000 jiwa usianya masih di bawah 12 tahun (belum bisa vaksin). Sehingga asumsi kita yang bisa vaksin sekitar 9.000 orang. 70 persen dari 9.000 penduduk, lebih dari enam ribu. Mudah-mudahan targetnya tercapai dan terbentuk kekebalan kelompok di tengah masyarakat,” pungkasnya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *