Program Keahlian Otomotif SMK N 1 Seputih Agung, Ciptakan Siswa Siap Kerja

Radarlamteng.com, SEPUTIHAGUNG- Menjadi salah satu sekolah dengan peminat yang cukup tinggi. SMK N 1 Seputihagung, terus berupaya untuk mengembangkan berbagai macam program, salah satunya yaitu program keahlian otomotif atau kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif.

Menurut Kepala SMK N 1 Seputihagung, Harjimat, kompetensi ini merupakan kompetensi pertama yang dibuka pada tahun 2006, sampai saat ini mempunyai enam staf pengajar dan seorang toolman. Seperti, Indrawan, ST, Mardion, SPd, Ashari Damanik, ST, Pawidi, ST,
Budi Tri Wahyudi, ST, Deva Agus Setiawan, ST dan Sugito / tool man.

“Kami juga sudah melaksanakan MoU/kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) terkemuka untuk skala lokal maupun nasional,” jelasnya.

Untuk skala lokal lanjut Harjimat, pihak sekolah menjalin kerja sama terutama pada pelaksanaan siswa magang maupun guru tamu. Kemudian untuk skala nasional, sekolah menggandeng corporation besar, Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Realisasinya, kita melaksanakan beberapa kegiatan. Yaitu, pemagangan guru/siswa untuk main dealer terdekat maupun pemagangan ke ADM Pusat di Sunter Jakarta Utara.
Mengundang instruktur tamu dari main dealer terdekat untuk pembelajaran guru maupun siswa, serta penyerapan tenaga kerja untuk alumni SMKN 1 Seputihagung,” ungkapnya.

Tak hanya itu, di SMK N ini juga dilengkapi dengan tiga buah bengkel praktek, meliputi bengkel sasis, kelistrikan dan mesin, bertujuan untuk mengupgrade dan melengkapi peralatan maupun bahan dibengkel otomotif yang berasal dari bantuan dan berbagai sumber dana.

“Saat ini, kita juga mempersiapkan sekaligus merintis untuk adanya TEFA / Teaching Factori yang merupakan penerapan DUDI di SMK,” tambahnya, sembari menjelaskan peralatan bengkel yang bisa mendukung dalam proses pembelajaran maupun TEFA.

Seperti, Test Bench Konvensional diesel, Test Bench common rail diesel, Stand transmisi otomatis, Stand AC, Stand engine konvensional,
Stand engine VVTI, Unit kendaraan bensin, Unit kendaraan solar, Sporing and balancing, Panel Kelistrikan mobil, Scaner teknologi VVTI, Car lift,
Alat penguji kebisingan kendaraan, Engine gas analyzer, Engine stand diesel, Unit over houl, mesin bensin, Unit over houl mesin diesel, Air recycle, Car air conditioner, Engine Fuel, Valve gerinda dan lainnya. (cw25)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *