Penerapan Prokes Lemah, Satgas Covid-19 akan Cek PTM di SMPN 1 Rumbia

Radarlamteng.com, RUMBIA – Meski telah diperbolehkan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), pihak sekolah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Itu sesuai dengan Surat Edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Tengah Nomor 420/1123/02D.a.V1.01/2021 prihal PTM di masa pandemi Covid-19.

Namun, berdasarkan pantauan radarlamteng.com di sejumlah sekolah, masih ada yang belum maksimal dalam menerapkan prokes.

Seperti halnya di SMPN 1 Rumbia, Lamteng yang mulai melaksanakan ujian sekolah secara tatap muka pada Rabu 28 April 2021.

Di sekolah ini, terpantau masih banyak siswa berkerumum di saat jam istirahat. Bahkan, selama jam istirahat berlangsung itu, tidak ada peringatan dari pihak sekolah agar siswa tetap menjaga jarak.

Tidak hanya itu, terdapat pula guru yang tidak menggunakan masker, serta ada juga siswa menggunakan masker tidak pada tempatnya. Atau hanya dipasang di leher.

Sayang, Kepala SMPN 1 Rumbia Ahmad Roji belum bisa dikonfirmasi terkait hal ini. Dihubungi via telepon pun tidak menjawab.

Sementara, Kepala Puskesmas Rumbia Gusti Yoga berjanji akan segera mengecek penerapan prokes di SMPN 1 Runbia. “Termasuk di sekolah lain juga akan kita cek bersama tim satgas,” katanya, Jumat (30/4/2021).

Yoga menegaskan jika sekolah melanggaran prokes, pihaknya akan memberi teguran. Menurut Yoga, pandemi belum berakhir dan kasus Covid-19 di wilayah Rumbia cukup tinggi.

“Artinya kita semua wajib menjaga dan menghindari penyebaran Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Jangan sampai ada kelonggaran untuk kegiatan belajar tatap muka, malah jadi klaster baru penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *