Tangani Covid-19, Camat Trimurjo Minta Kakam Segera Rubah APBK

Radarlamteng.com, TRIMURJO – Camat Trimurjo Wanda Rusli., S,Sos meminta seluruh kepala kampung (kakam) di wilayah setempat agar melakukan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBK) tahun 2020 dan menganggarkan 10 persen dari Dana Desa (DD) untuk menanggulangi penyebaran wabah Covid-19.

Hal itu disampaikan Wanda saat menggelar rakor tingkat kecamatan di Balai Kampung Tempuran, Selasa (31/3/2020).

Dia mengungkapkan, arahan kepada kakam itu merupakan tindaklanjut dari hasil rakor di tingkat kabupaten.

“Berdasarkan SK Presiden dan Surat Edaran (SE) Bupati Lamteng nomor : 140/95/D.a VI.14/2020 juga hasil rapat bersama Forkopimda Lamteng maka diputuskan dalam poin-poin tersebut, agar kepala kampung dapat segera merubah APBK dan menganggarkan 10 persen dari dana desa untuk menganggulangi penyebaran virus Corona (Covid-19),” terangnya.

Selain itu lanjut Wanda, dalam poin-poin tersebut juga disebutkan, agar kepala kampung dan lurah dapat pro aktif dalam menanggulangi virus corona, dan juga segera membentuk tim Relawan Kampung Melawan Covid-19 serta membentuk struktur relawan sesuai dengan surat edaran Bupati Lamteng.

“Kami juga mengintruksikan kepada seluruh kepala kampung untuk dapat mendata masyarakat tidak mampu secara ekonomi yang berada di luar program PKH. Serta memerintahkan seluruh kadus dan rt untuk mendata warga yang baru saja melakukan perjalanan keluar daerah untuk membuat surat pernyataan bahwa bersedia melakukan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing,” pungkasnya.

Wanda berharap, seluruh kepala kampung dan lurah serta masyarakat khususnya Kecamatan Trimurjo dapat berperan aktif dalam memerangi serta mencegah terjadinya penyebaran virus mematikan ini.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kapolsek Trimurjo Akp Kurmen Rubiyanto, SH. MM, Danramil Trimurjo Kapten Ben Djohan, Kepala Uptd Puskesmas Simbarwaringin drg. Dwi Krisnawati, Kasi Ekbang Heri Wibowo, Kakam Tempuran Slamet Widodo, serta seluruh perwakilan dari masing-masing kampung. (cw29/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *