Beredar Kabar TKI Pulang Kampung, Pemkab Lamteng Diminta Siapkan Lokasi Karantina

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Salah satu unsur pimpinan DPRD Lampung Tengah, yakni Wakil Ketua III Muslim Anshori menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng) untuk menyiapkan lokasi karantina bagi para perantau maupun pendatang. Terutama tenaga kerja Indonesia (TKI) yang kembali ke kampung halaman.

Muslim menjelaskan, gagasan itu muncul lantaran tersirat kabar adanya arus kepulangan TKI ke Lamteng dari berbagai negara. “Pemerintah harus segera menyiapkan tempat karantina, jika memang benar-benar serius ingin memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya, Minggu (29/03/2020).

Menurutnya, pencegahan tidak bisa dilakukan hanya dengan mengecek suhu tubuh atau dengan karantina secara mandiri, sebab beberapa kasus pada orang yang terinfeksi Covid-19 ternyata tidak menunjukkan gejala orang sakit. Artinya, sebagian orang merasa dirinya sehat, tapi ternyata sudah terinfeksi.

“Pertimbangannya, bahwa orang yang sudah terinfeksi virus ini ada yang tidak menunjukkan gejala sakit. Padahal, sudah terinfeksi. Nah, yang semacam ini mungkin menularkan kepada orang di dekatnya. Bisa saudara dan orang yang ada di sekitarnya,” imbuhnya.

Menurutnya, bisa saja masyarakat Lamteng di pedesaan kemungkinan minim pengetahuan terkait Covid-19 ini. Selain itu, kebanyakan mereka tidak memiliki Alat Pelindung Diri (APD).

“Isolasi mandiri, menurut saya bukan solusi yang tepat untuk memutus rantai penyebaran covid-19 di Lampung Tengah. Akan tetapi, melakukan karantina secara tersentral dengan pengawasan tim medis dan pengecekan secara berkala menjadi solusi tepat, terutama bagi mereka yang baru kembali ke kampung halaman. Maka dari itu saya meminta Bupati untuk menyiapkan tempat karantina,” tandasnya.(cw26/jar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *