Kampung Variaagung Wakili Kecamatan Seputihmataram Lomba BBGRM

Radarlamteng.com, SEPUTIHMATARAM- Kampung Variaagung tahun 2020 ini menjadi wakil Kecamatan Seputihmataram, Lampung Tengah, dalam lomba gotong-royong yang dikemas dalam Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat kabupaten. Kegiatan lomba tersebut dipusatkan di balai Kampung Variaagung, Kamis (13/2/2020).

Kepala Kampung (Kakam), Variaagung, Sudiyanto dalan sambutannya memaparkan monografi Kampung Variaagung yang terdiri dari 8 dusun, 31 RT, 1.410 KK, dan memiliki penduduk 2.097 jiwa serta luas wilayah 864 hektar. Selain itu mayoritas penduduknya sebagai petani. Lanjutnya, dalam menuntaskan permasalahan demi membangun kampung, diperlukan semangat gotong-royong dari perangkat kampung dan masyarakat Variaagung.

”Kami siap untuk bersaing ditingkat provinsi mewakili Kabupaten Lamteng lomba BBGRM, walaupun dengan tidak adanya lomba BBGRM semenjak dilantik menjadi Kakam Variaagungi pada tahun 2018 lalu semangat gotong-royong bersama perangkat kampung dan masyarakat aktif melaksanakan gotong-royong. Silahkan cek dengan dokumentasi gotong-royong yang sudah kami siapkan. Bahkan kampung kami ini juga meraih juara pertama dalam lomba ronda malam tingkat kabupaten tahun 2019 lalu,” jelas Sudiyanto.

Sudi juga berharap, dengan adanya lomba BBGRM ini bisa bermanfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung dari segi sosiologis (kemasyarakatan), materi (ekonomi) dan agama serta budaya. Kemajuan kampung tentunya tidak hanya satu pihak saja yang berkewajiban menjaga lingkungan, tetapi butuh peranan dari seluruh elemen masyarakat. Untuk itu semangat gotong-royong harus ditingkatkan.

Sementara Camat Seputihmataram, Eko Meidianto, S.Pd, M.M mengatakan, program BBGRM tersebut berdasarkan Permen No. 42 Tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan gotong royong masyarakat. Yang mana, tujuan dari program tersebut yakni untuk menggelorakan semangat gotong royong masyarakat Indonesia.

Menurutnya, dengan adanya program BBGRM, rasa semangat gotong-royong dapat tertanam dalam diri masyarakat Kecamatan Seputihmataram dan dapat diwariskan ke generasi-generasi selanjutnya. ”Dalam lomba BBGRM, kemenangan bukan prioritas utama, yang terpenting adalah semangat untuk kemajuan kampung, kita harus lestarikan budaya gotong royong ini, ” kata Eko.

Dalam sambutan Ketua Tim Evaluasi Drs .Kusuma Riyadi, M.M, selaku Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra yang diwakili oleh Drs. Almisan selaku Kabid 2 PMK Lamteng, bahwa ini merupakan penilaian ke-7 kalinya tim melakukan penilaian yang terdiri dari Dinas PMK, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP dan PKK Kabupaten Lamteng. Antusias masyarakat Kampung Variaagung untuk bergotong royong cukup tinggi dilihat dari kriteria penilaian yang terdiri dari bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial dan budaya agama serta lingkungan.

”Ada empat kriteria yang kami nilai diantaranya bidang kemasyarakatan bagaimana keamanan kampung, kemudian bidang ekonomi bagaimana ekonomi kemasyarakatan di kampung termasuk BUMK, sosial budaya dan agama bagaimana melestarikan budaya gotong royong di kampung serta bidang lingkungan, bagaimana pembangunan infrastruktur baik yang didanai dari ADD maupun swadaya atau gotong royong masyarakat,” terang Almisan.

Pada akhir acara dilanjutkan dengan penilaian administrasi dan lapangan yang dilakukan oleh tim penilai BBGRM Kabupaten Lamteng, dengan mengitari stan-stan yang berisi produk-produk unggulan dari Kampung Variaagung. Selain itu perangkat kampung yang terdiri dari BPK, LPMK, Karangtaruna, posyandu, PKK dan lainnya pun turut dinilai oleh tim. (bil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *