Terbukti Ada Kecurangan, Pilkakam Pujokerto Digagalkan

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Calon Kelapa Kampung (Kakam) Pujokerto, Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah (Lamteng) Mujiono bersama tim pemenangannya datangi panitia tingkat kabupaten, Jumat (22/11/2019).

Datangnya Mujiono untuk menyampaikan laporan dugaan kecurangan pada pilkakam lalu.

Kepala Bidang (Kabid) III Dinas PMK Lamteng Sumarno mengatakan, bahwa gugatan yang dilayangkan oleh Mujiono telah diterima oleh Dinas PMK. Nantinya, tim panitia tingkat kabupaten akan melakukan rapat serta pemanggilan baik panitia pilkakam tingkat kampung, pihak penggugat dan tergugat.

“Laporan gugatan sudah kami terima. Kami masih mau merapatkan kembali bersama tim panitia kabupaten. Nantinya, semua pihak yang terlibat dalam panitia pilkakam baik tingkat kampung dan kecamatan akan dipanggil termasuk pihak penggugat dan tergugat,” jelas Marno sapaan akbrabnya.

Dia menjelaskan, bila terbukti ada kecurangan maka pilkakam di Kampung Pujokerto dinyatakan gagal. Sehingga, kampung tersebut akan dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) yang ditunjuk oleh pihak kecamatan setempat, sampai adanya pilkakam kembali.

“Pilkakam berbeda aturannya dengan Pemilihan Legislatif (Pileg). Kalau di lileg nomor urut satu gugur akan digantikan nomor urut dua. Namun, pilkakam tidak begitu. Bila pemilihan ini gagal, maka Plt lah yang akan menjabat sampai pemilihan kembali,” katanya.

Sementara itu, Kadis PMK Lamteng Firdaus menerangkan, pemilih yang berhak menggunakan hak suaranya yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah disepakati oleh panitia pilkakam tingkat kampung dan kecamatan.

“DPT itu sudah diatur dalam Perbup. Di mana DPT yang telah disepakati itulah yang punya hak pilih,” tegasnya.

Terpisah, Mujiono mengungkapkan, bahwa gugatan terkait laporan kecurangan yang diajukannya telah sampai di Dinas PMK. Namun ada bukti yang hilang. Yakni sebuah flashdisk yang berisi data dilaporkan tidak ada.

“Kami cek di Dinas PMK flashdisk yang isinya bukti-bukti kecurangan tidak ada. Tapi, nanti pada saat pemanggilan oleh panitia kabupaten akan kami persiapkan lagi,” katanya. (cw29/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *