Gandeng Dinas Perindustrian, Napi Lapas Gunung Sugih Jalani Pelatihan Sulam Jalin Kepang


Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH- Sebanyak 20 orang Narapidana Lapas Gunung Sugih dibekali keterampilan Sulam Jalin Kepang yang merupakan sulam khas Lampung Tengah pada pelatihan yang diadakan di Gedung Serba Guna Sahardjo Lapas bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Lampung Tengah. Senin, (23/09/2019).

Kepala Lapas Gunung Sugih, Syarpani memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah yang sering kali membantu terlaksananya kegiatan pembinaan di dalam Lapas.
“Lagi dan lagi, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah berkontribusi dalam pembinaan di Lapas Gunung Sugih. Hari ini kami bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Lampung Tengah dalam memberikan Pelatihan Sulam Jalin Kepang,” ujarnya.


Ia menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi narapidana. “Kami memberikan pembekalan bagi narapidana agar setelah bebas kelak dapat berwirausaha dan menjadi menjadi mitra pemerintahan sekaligus melestarikan kerajinan Sulam Jalin Kepang Khas Lampung Tengah. Terima kasih kepada Bapak Bupati Lampung Tengah dan Kepala Dinas Perindustrian Lampung Tengah atas kerjasamanya, mudah mudahan menjadi amal ibadah kita bersama,” imbuhnya.

Lebih lanjut Kegiatan pelatihan ini, kata Syarpani selain membekali narapidana untuk memperoleh keterampilan, juga sebagai wujud dan upaya serius Lapas Gunung Sugih dalam menyukseskan Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan.

“Sejak Peraturan Menteri Hukum dan Ham bergulir pada 2018 yang lalu terkait Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan, kami telah melakukan berbagai upaya guna mencapai tujuan pidana yaitu melakukan pembinaan agar narapidana tidak mengulang perbuatan melawan hukum dan mendidik agar memiliki keterampilan sosial dan berwirausaha,” pungkasnya.

Sekretaris Dinas Perindustrian Lampung Tengah, Erman juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan pelatihan-pelatihan secara menyeluruh di Lapas Gunung Sugih.

“Kami akan mendukung Lapas dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada narapidana untuk bekal mereka setelah bebas nanti dan akan memberikan pelatihan-pelatihan tersebut secara menyeluruh” ujarnya.(rls/cw26/gde)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *