RSUD Demang Sepulau Raya Miliki Fasilitas Akses Hemodialisia

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Demang Sepulau Raya Lampung Tengah (Lamteng) mulai saat ini siap melayani pasien yang akan melakukan cuci darah.

Fasilitas tersebut telah diresmikan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto pada Februari lalu. Dengan kapasitas 5 mesin, rumah sakit plat merah yang berada di jalan raya Panggungan Gunungsugih ini sudah memiliki 12 pasien rutin.

Fasilitas lebih yang dimiliki untuk penanganan cuci darah, pihak RS sudah bisa membuat akses untuk hemodialisa yaitu pemasangan kateter vena (CDL) dan pemasangan Cimino.

dr. Ade Mirza, dokter penanggungjawab perawatan hemodialisia RSUD Demang Sepulau Raya mengatakan satu kelebihan yang dimiliki yaitu akses HD.

“Dengan menggunakan fasilitas tersebut pasien tidak perlu lagi mencari RS yang bisa memasang akses CDL sebelum melakukan hemodialisa. Pasien juga tidak merasakan sakit pada tindakan hemodialisa untuk pertama kalinya. Dikarenakan akses tersebut bisa langsung dipakai untuk HD apabila sudah terpasang. Dan pemasangannyapun tidak membutuhkan waktu yang banyak. Di sini terdapat 5 mesin hemodialisa, diantaranya 4 mesin digunakan pasien rutin dan 1 lagi sebagai back up apabila ada pasien urgent yg membutuhkan cuci darah segera,” paparnya yang berharap kedepan akan ada penambahan mesin untuk pasien melakukan cuci darah.

Menurut dia, cuci darah atau dialisis merupakan metode pengobatan yang harus dilakukan pasien yang mengalami penyakit gagal ginjal.

Mesin cuci darah digunakan bersama dengan ginjal buatan yang keduanya berfungsi membuang air, bahan limbah, racun dan bahan dari sisa metabolisme tubuh lain yang seharusnya fungsi ini dilakukan oleh ginjal sehat.

Prosedur cuci darah sendiri biasanya membutuhkan waktu cukup lama. Pada pasien cuci darah umumnya dilakukan dua kali dalam 1 minggu. Namun yang sudah sangat parah, mereka bisa melakukan prosedur ini hingga tiga kali dalam 1 minggu.

Untuk itu disarankan kepada masyarakat sebagai antisipasi terhadap penyakit ginjal ini dengan penerapan pola hidup sehat. Jaga makanan dan mimuman dan kurangi minuman suplemen yang berlebihan, dan lakukan kontrol atau cek kesehatan rutin terutama pada pasien yang memang sudah memiliki penyakit seperti darah tinggi dan kencing manis.

Ditambahkannya, untuk akses HD yang satu lagi yaitu cimino merupakan
hubungan antara pembuluh darah arteri dan vena yang menciptakan aliran darah yang cepat dan besar. Cimino adalah tipe akses atau jalan masuk dan keluar darah. Cimino adalah tipe akses terbaik yang digunakan untuk hemodialisa.

Kelebihan cimino yaitu menggunakan pembuluh darah milik pasien sendiri. Tidak memerlukan bahan lain seperti double luman, tidak rentan infeksi dan dapat lebih mudah digunakan dalam waktu yang lama. Namun kekurangan akses ini membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa dipakai untuk hemodialisa. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *