Kapal Pelra dari Kemenhub akan Ditempatkan di Kampung Cabang

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah (Lamteng) menerima bantuan hibah satu unit kapal pelayaran rakyat (pelra) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mengatakan, penyerahan bantuan itu berlangsung di Surabaya, Senin (15/4/2019) lalu. Selanjutnya, kata dia, alat transportasi air itu akan ditempatkan di Pelabuhan Cabang, Kecamatan Bandarsurabaya.

Pihaknya akan mengoperasikan kapal itu untuk menunjang transportasi air, khususnya bagi nelayan atau masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir. Selain itu, pariwisata sektor kelautan juga akan ditingkatkan.

“Kita maksimalkan (kapal pelra), karena Lamteng juga mempunyai kawasan laut di wilayah timur (Kecamatan Bandarsurabaya). Bisa untuk transportasi laut bisa juga untuk pariwisata,” ujar Loekman, Senin (21/4/2019).

Menurut bupati, sektor pariwisata laut di Bandarsurabaya sangat potensial, karena selama ini belum tereksploitasi. Untuk itu, dengan adanya kapal pelra hal itu bisa ditingkatkan, dan bisa dikenalkan kepada masyarakat.

“Ada perkampungan nelayan, ada pelelangan ikan juga di sana. Ini belum banyak diketahui masyarakat. Kedepan akan kita perkenalkan sekaligus potensi wisatanya untuk pendapat daerah kita maksimalkan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pemkab Lamteng melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mendapatkan hibah kapal pesiar pada Senin 15 April lalu. Penyerahan dilakukan Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Surabaya.

Selain itu, Lamteng menjadi 46 daerah di Indonesia yang mendapatkan hibah tersebut, dan menjadi daerah keenam di Provinsi Lampung.

Kepala Dishub Lamteng Syukur Kersana, mengatakan, kapal pelra yang diberikan Kemenhub berkekuatan 35 GT dengan kapasitas penumpang 24 orang, dapat mengangkut barang 10 ton, dan berkecepatan 9 knot.

“Pemkab Lamteng mendapatkan hibah itu berdasarkan Surat Hibah Kemenhub Nomor 207/14/10/djpl/2019. Setelah serah terima Dishub Lamteng yang akan mempunyai tanggung jawab perawatan dan pengoperasiannya,” beber Syukur saat dikonfirmasi terpisah, Selasa (23/4/2019). (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *