Hadapi UNBK Siswa SMK Waskita Bekri Gelar Simulasi

Radarlamteng.com, BEKRI- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa-siswi kelas XII akan segera dilaksanakan. Berbagai persiapan pun dilakukan oleh sekolah yang didaulat sebagai pelaksanaan UNBK tahun pelajaran 2018-2019. Salah satunya SMK Waskita Bekri, Kecamatan Bekri, Lampung Tengah (Lamteng), yang sudah mempersiapkan para siswanya untuk melaksanakan ujian dengan melakukan simulasi.
Simulasi yang diikuti 69 siswa-siswi kelas XII jurusan administrasi perkantoran 28 anak, akuntansi 20 anak dan pemasaran 21 anak dilaksanakan selama 4 hari. Tahun ini merupakan tahun kedua SMK Waskita Bekri melaksanakan UNBK mandiri. Simulasi sendiri berjalan lancar, terlihat dari para siswa yang sudah terbiasa menggunakan komputer. Sehingga tidak ada yang saling meminta bantuan kepada teman di sebelahnya.
Ketua Badan Pendiri Urusan SMK (BPUS), Dwijo Sutopo, S.E mengawkili Kepala SMK Waskita Bekri, Yoppy Eko Saputro mengatakan, kegiatan simulasi ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi para siswanya, agar bisa memahami dan mengerti bagaiama pelaksaanan ujian berbasis komputer nantinya.
”Hari ini kami mencoba menggelar simulasi UNBK. Untuk hari pertama mata pelajaran bahasa Indonesia, hari kedua mata pelajaran matematika, hari ketiga bahasa inggris dan hari keempat teori kejuruan,” ujar Sutopo, kepada Radar Lamteng, di sela pelaksanaan simulasi, Selasa (29/1).
Selain untuk persiapan siswa, kata Sutopo, tujuan simulasi ini untuk membawa siswa mengetahui karakteristik soal-soal yang nanti di kerjakan di saat pelaksanaan UMBK. Kemudian kesiapan inprastruktur sekolah, yaitu pelengkapan peralatan yang menunjang seperti komputer, listrik, ruang lef memenuhi standart atau tidak, juga SDM seperti guru, proktor dan tenaga yang sudah dilatih dari kementerian pendidikan, dan teknisi hal-hal peralatan yang di pergunakan.
”Saya berharap, dengan simulasi UNBK yang dilaksanakan ini. Sebanyak 65 siswa-siswi SMK Waskita Bekri, bisa belajar banyak dari guru pembimbing. Sehingga pada pelaksanaan UNBK yang akan diperkirakan pada April mendatang mereka sudah mengerti tentang tata cara pengisipan soa-soal UNBK dan lain sebagainya. Dan 65 siswa-siswi dapat lulus 100 persen dengan hasil yang memuaskan,” harap Sutopo.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *