Keren, P3A Lamteng Maju ke Tingkat Nasional

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Setelah mengikuti tahapan seleksi yang ketat, baik di tingkat kabupaten dan provinsi, akhirnya Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) asal Lampung Tengah terpilih dan melenggang mengikuti lomba P3A tingkat nasional tahun 2023.

Yaitu P3A Sri Makmur Kampung Ratna Chaton, Kecamatan Seputihraman. Jelang lomba tingkat nasional, P3A Sri Makmur terus melakukan persiapan.

Keberhasilan itu pun tidak terlepas dari dukungan dan komitmen tinggi Bupati Lampung Tengah  Musa Ahmad, S.Sos, M.M. yang juga selaku ketua Paguyuban P3A.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) Lampung Tengah M. Abdi Hans, A.Ma PKB, S.IP, M.H. didampingi Kepala Bidang Penatagunaan Sumber Daya Air Reza Nompi Saleh, S.T, M.T.  mewakili Kepala Dinas Ir. Ismail, M.T. saat ditemui Senin (31/7/2023) mengatakan, penetapan P3A Sri Makmur sesuai dengan surat dari Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWSMS) tertanggal 28 Juni 2023.

Dinas SDA Lampung Tengah, sambung Abdi, sebelumnya telah melakukan tahapan seleksi tingkat daerah. Selain itu, memberikan pendampingan dan pembekalan serta pembinaan kepada P3A Sri Makmur yang terpilih.

Disamping itu, memfasilitasi  P3A Sri Makmur melakukan paparan di BBWSMS pada 10 Juli 2023 dan langsung mendapat apresiasi luar biasa dari tim seleksi. Soal kinerja P3A Sri Makmur patut diacungi jempol. P3A yang diketuai Sutoyo, Sekretaris Parlan dan Bendahara Wayan Pinatra ini terbukti sukses dalam hal kelancaran air irigasi baik tingkat sekunder sampai tersier. Kemudian ikut serta merawat dan mengawasi saluran irigasi di wilayahnya.

“Tak kalah penting, P3A Sri Makmur mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah mengenai jadwal tanam. Sehingga, petani tidak ada lagi yang kekurangan air dan pada akhirnya ikut menyukseskan program pemerintah yaitu Lampung menjadi lumbung pangan nasional,” terang Abdi.

Diketahui, P3A Sri Makmur telah berbadan hukum dan memiliki kantor sekretariat sendiri. Untuk pengadministrasian di P3A Sri Makmur juga telah berjalan baik.(jar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *