Tim Verifikasi Lomba Kampung Sambangi Pujokerto, Kusuma Riyadi ; Tata Kelola Pemerintahan Desa Adalah yang Utama

Radarlamteng.com, TRIMURJO – Tim verifikasi lomba kampung Tingkat Kabupaten Lampung Tegah (Lamteng) sambangi Kampung Pujokerto, Kecamatan Trimurjo, Kamis (26/5/2023).

Tim penilai yang di pimpin langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Kusuma Riyadi itu turut di hadiri juga oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Lamteng Mardiana Musa Ahmad, Ketua 3 TP PKK Lamteng Eni Adi Sriyoni, Kepala Dinas PMK Lamteng Fathol Arifin, Perwakilan Perangkat Daerah terkait, Camat Trimurjo, Kepala Kampung Pujo Kerto dan Ketua TP PKK Kecamatan Trimurjo.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Verifikasi Lomba Kampung Tahun 2023 Kusuma Riyadi menjelaskan, bahwa lomba kampung merupakan tindak lanjut dari Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 82 tahun 2015.

“Berdasarkan seleksi administrasi yang dilakukan oleh tim alhamdllah muncul 10 kampung dan dari 10 besar kita seleksi lagi menjadi 5 besar nah salah satunya adalah Kampung Pujokerto. Kemudian hari ini kami melakukan verifikasi lapangan,” ungkapnya.

Dimana kata Kusuma, dari 5 besar nantinya akan di dipilih menjadi 1 kampung yang terbaik untuk mewakili Kabupaten Lamteng dal lomba kampung berprestasi tingkat Provinsi.

“Mana kala kampung yang siap diusulkan oleh kecamatannya masing-masing maka mereka harus memenuhi persyaratan-persayaratan. Dimana untuk memenuhi semua itu maka mereka harus memacu dirinya baik secara administrasi maupun lainnya,” ujarnya.

Namun, lanjut Kusuma, selain inovasi dan kreasi tata kelola pemerintahan desa adalah yang utama dalam memajukan kampung.

“Karena saat ini yang ditekankan adalah tatakelola pemerintahan desa, jadi bagaimana desa itu mampu melayani masayarakat dengan cara yang singkat, pelayanan publiknya termasuk inovasi dan kreasi dari kampung,” tambahnya.

Dirinya berharap, jika 1 dari 5 kampung yang akan terpilih menajdi yang terbaik, maka kedepan pihaknya akan siap untuk terus melakukan pembinaan-pembinaan dan evaluasi terhadap kampung yang terpilih mewakili Kabupaten Lamteng melaju ke tingkat Provinsi bahkan ke tingkat Nasional.(cw29/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *