Tertarik Dunia Jurnalistik, SMK Muhammadiyah 1 Terbanggibesar Lakukan Kunjungan Industri ke Radar Lampung

Radarlamteng.com, BANDARLAMPUNG – Sebanyak 36 orang Siswa SMK Muhammadiyah 1 Terbanggi Besar,Lampung Tengah (Lamteng) tertarik untuk belajar dunia jurnalistik dan strategi marketing. Terkait hal tersebut sekolah yang berdiri di Bandarjaya ini melakukan kunjungan industri ke Surat Kabar Harian (SKH) Radar Lampung.

Antusias siswa juga langsung muncul dengan menyampaikan ragam pertanyaan mulai profesi seorang jurnalis sampai eksistensi usaha media diera digitalisasi sekarang.

Kunjungan Industri ke Graha Pena Radar Lampung diterima langsung oleh Wakil Pimpinan Redaksi (Wapimred) Radar Lampung Abdul Karim,S.Pd.M.Pd pada hari Sabtu (26/11/2022).

Disela sela kunjungan ke Graha Pena Radar Lampung, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Terbanggi Besar, Suharlan,S.Pd.M.Pd mengatakan bahwa SMK Muhammadiyah 1 Terbanggi Besar memiliki tiga Kompetensi yakni Kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Kompetensi Bisnis daring dan pemasaran (BDP) dan Kompetensi Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

“Khusus hari ini kegiatan Kunjungan Industri ke Radar Lampung yang diikuti oleh dua kompetensi yakni Kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Kompetensi Bisnis daring dan pemasaran (BDP),”ujar Suharlan sambil mengatakan Kunjungan Industri ke Radar Lampung merupakan kunjungan ketiga kalinya ke Radar Lampung.

Adapun tujuan kunjungan industri ke Radar Lampung,lanjut Suharlan,yakni memberikan pemahaman kepada siswa tentang dunia industri dan didunia kerja khususnya industri media.”Tentunya bagaimana perusahaan Industri Media Radar Lampung berkaitan dengan kompetensi anak-anak,”sebut Suharlan.

Misalnya, Kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga menanyakan Gali Sistem Keuangan Radar Lampung mulai input maupun output.

Kemudian, untuk Kompetensi Bisnis daring dan pemasaran (BDP) menanyakan bagaimana tetap eksis berbisnis diera digital.”Bagaimana cara pemasaran offline maupun online,”tambah Suharlan.

Sebagai Kepala Sekolah, Suharlan menyampaikan bahwa output yang harapkan dari kunjungan industri ke Radar Lampung tentunya dapat memberikan motivasi kepada siswa agar usai menempuh pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Terbanggi Besar dapat bisa bekerja maupun berwirausaha dengan melihat Radar Lampung tetap eksis sampai saat ini di era digitalisasi.

“Artinya Radar Lampung memiliki Strategi tertentu agar tetap bertahan di Era Digitalisasi,”tambah dia.

Suharlan juga menyampaikan Siswa siswi dari dua kompetensi SMK Muhammadiyah Terbanggi Besar nantinya akan membuat laporan hasil kegiatan dari kunjungan industri.

“Iya nanti para siswa tersebut akan membuat laporan kunjungan industri.Tentunya laporan tersebut akan dipandu oleh guru guru pendamping mereka,”tambah dia.

Kunjungan Industri ke Radar Lampung cukup membuat siswa baik Kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Kompetensi Bisnis daring dan pemasaran (BDP) SMK Muhammadiyah I Terbanggi Besar antusias bertanya setidaknya ada 7 pertanyaan masuk mulai dari strategi pemasaran koran Radar Lampung diera Digitalisasi, Sistem Akuntansi hingga Bagaimana Menjadi Wartawan (Jurnalis)

Salah satunya, Perwakilan siswa dari Kompetensi BDP SMK Muhammadiyah 1 Terbanggi Besar, Celsi Elsa.Ia menanyakan bagaimana mengatasi kendala dari program dalam menjalan suatu bisnis usaha.

Perwakilan Siswa dari Kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga,SMK Muhammadiyah 1 Terbanggi Besar, Sandi, menanyakan tentang Pentingnya Lulusan Akuntansi terhadap perusahaan.

Wakil Pimpinan Redaksi Radar Lampung maupun Redaktur Radar Lampung,Abdul Karim,M.Pd menyampaikan Radar Lampung tetap eksis di Era Digitalisasi karena berusaha berinovasi dan bertransformasi dengan mengikuti zaman.Misalnya, saat ini selain tetap mempertahankan media cetak, Radar Lampung telah memiliki media elektronik lainnya seperti Radar Lampung Online.

“Bahkan Radar Lampung juga saat ini tidak hanya bentuk fisik koran namun saat ini juga sudah berinovasi menjadi Pdf Radar Lampung,”ujarnya.

Bagaimana teknik Pemasaran, lanjut Karim,salah satunya dengan mengadakan Event Radar Lampung.

“Seperti nanti dipertengahan Desember 2022 mendatang akan mengadakan event Jalan Sehat Radar Lampung nah masyarakat gratis dapat empat kupon Radar Lampung dengan cara berlangganan Pdf 1 bulan.Ini juga salah satu Strategi pemasaran Penjualan Pdf Radar Lampung,” sebut dia.

Apabila adik adik ingin menjalankan suatu perusahaan atau membuka suatu usaha maupun suatu event tertentu,lanjut Karim, adik adik harus membuat perencanaan yang jelas misalnya mulai
mengsurvey terlebih dahulu sasaran pasarnya seperti apa,rencana pengeluaran dan pemasukan Seperti apa dan lainya.

“Ini semua untuk meminalisir kerugian dalam menjalan suatu usaha atau event tertentu,”saran Karim.

Untuk menambah pendapatan keuangan Radar Lampung,lanjut Karim,tidak hanya melalui penyelenggaraan Event namun bisa memanfaatkan program kegiatan khusus di moment tertentu.

“Misalnya di ulang tahun Pemerintah Lampung Tengah (Lamteng),Radar Lampung bisa membuat berapa halaman program kerja kesuksesan dari masing masing dinas.Tentunya dari pihak Pemkab akan membayar sejumlah dana kerjasama Publikasi telah disepakati untuk Moment HUT Pemkab Lamteng,”jelas Karim sambil mengatakan ini salah satunya contoh menambah pendapatan keuangan Radar Lampung.

Karim juga mengatakan Peran Lulusan Akuntansi di Perusahaan itu penting karena untuk nagivator dan motivator keuangan perusahaan.

“Karena akuntansi diperlukan perusahaan terutama untuk mengelola keuangan Radar Lampung agar keuangan Radar Lampung tetap berjalan dengan baik,”jelasnya.

Nah,untuk menjadi seorang jurnalis (wartawan),lanjut Karim, memiliki dua poin yakni banyak tahu dengan cara sering membaca dan berani.

“Jadi jika adik adik ingin jadi Wartawan jadi orang banyak tahu dengan cara sering membaca dan berani mengutarakan pendapat ataupun mengajukan pertanyaan,”pungkasnya.(rls/sci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *