HUT RI Kampung Poncowarno Berikan Kado Istimewa

Radarlamteng.com, KALIREJO – Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) selalu diperingati dan umumnya juga dimeriahkan oleh seluruh warga Indonesia, dengan berbagai kegiatan lomba, pertandingan, pentas seni dan lain sebagainya.

Namun berbeda dengan yang dilakukan oleh warga Poncowarno Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah. Sudah tiga tahun terakhir ini, tepatnya sejak tahun 2020 lalu, peringatan HUT RI diisi dengan memberikan “Kado Istimewa” yaitu dengan melakukan kegiatan pembangunan jalan kampung berupa Rabat beton, secara gotong royong dan swadaya murni dari masyarakat setempat.

Seperti yang dilakukan pada Rabu (17/8/2022) di Dusun IV, ratusan warga bersama kepala kampung dan perangkat kampung setempat, dengan penuh kekompakan, keguyuban dan semangat yang tinggi, melakukan pengecoran jalan kampung sepanjang 250 M X 3 M.

Salah seorang tokoh masyarakat Dusun IV Poncowarno, Markus Saiman, memaparkan bahwa kegiatan swadaya pembangunan jalan berupa Rabat Beton tersebut, berawal dari tahun 2020 dimana saat itu masih diberlakukan pembatasan kegiatan dalam rangka memeriahkan HUTRI. Dan bermula dari obrolan beberapa warga, munculah ide dan inisiatif untuk berswadaya dan bergotong royong membangun jalan dusun, sebagai salah satu wujud dan karya nyata yang tentu saja hasilnya dapat dimanfaatkan bersama.

“Ide dan inisiatif kami ini mendapat respon positif dari segenap warga dusun kami, sehingga tepat pada tanggal 17 Agustus 2020, kami seluruh warga Dusun IV bersama aparatur kampung, bergotong royong melaksanakan pembangunan jalan berupa rabat beton tahap pertama, sepanjang 210 meter. Dan pada tahap kedua kami lanjutkan pada 17 Agustus 2021 sepanjang 330 meter, sedangkan kali merupakan tahap yang ketiga kalinya yaitu sepanjang 250 meter,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kampung Poncowarno, Heri Eliyanto, yang juga secara langsung terjun membaur dengan warganya melakukan pengerjaan pembagunan jalan tersebut secara swadaya murni. Dia menegaskan bahwa kegiatan tersebut sudah terlaksana sejak tiga tahun terakhir ini, dan dikerjakan tepat tanggal 17 Agustus, disaat seluruh warga Indonesia memperingati HUTRI. Dikatakannya bahwa kegiatan itu merupakan “Kado Istimewa” pada momentum HUT RI khususnya untuk Kampung Poncowarno.

“Sungguh ini merupakan kado istimewa di setiap HUT RI di kampung kami. Oleh karena itu, atas nama pemerintah Kampung Poncowarno, saya sangat mengapresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya untuk warga Kampung Poncowarno. Saya juga sangat bersyukur sekaligus bangga memiliki warga yang menurut saya sangat luar biasa hebat dan sangat faham serta mengerti apa yang harus diberikan untuk negara ini dan untuk kampung ini. Dan menurut saya, ini juga salah satu bentuk rasa cinta tanah air dan wujud patriotisme,” pungkas Heri, yang juga berharap agar hal tersebut dapat terus dibudayakan dan dilestarikan (den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *