Tingkatkan Mutu Sepak Bola dengan Pelatih Berlisensi

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Sebagai upaya meningkatkan mutu dan kualitas persepakbolaan di daerah, Asprov PSSI Lampung melakukan pembinaan untuk para pelatih tim.

Yakni melalui Pelatihan Lisensi C Diploma yang telah berlangsung mulai 17 November dan akan berakhir pada 29 November 2021 di Hotel Nusantara Bandarlampung.

Anggota Exco PSSI Lampung Bagian Pengembangan SDM dan Pembinaan Sepak Bola Usia Muda, Supeno menyatakan, pelatihan diikuti sebanyak 18 peserta.

Satu diantaranya dari Lampung Tengah, Supriyanto dari Club Putrad PB. “Ada juga yang dari luar Lampung. Yakni dua peserta dari Jawa Barat dan satu peserta dari Prabumulih, Sumsel,” kata Supeno mewakili Ketua Asprov PSSI Lampung Eddy Samsu, Minggu (21/11/2021).

Menurut dia, memberikan Lisensi C tidak lain untuk meningkatkan prestasi bagi sebuah tim sepak bola, khususnya di Lampung.

“Tujuannya untuk meningkatkan prestasi kedepan. Karena pelatih yang membawa tim harus berlisensi C. Sehingga para pemain dapat mencapai hasil yang diharapakan,” kata mantan pengurus PSSI Lampung Tengah ini.

Apalagi, saat ini keberadaan pelatih berlisensi C di Lampung masih sangat jarang ditemukan. Para pelatih masih didominasi lisensi D.

“Lisensi D kapasitas melatihnya hanya boleh di tingkat sekolah sepak bola (SSB) saja. Karena itu, bagi para pelatih yang masih berlisensi D kami harapkan supaya mengambil kepelatihan Lisensi C,” kata bekas official tim Persilat Lampung Tengah ini.

Yang lebih mendesak lagi, imbuh Supeno, pelatih dengan Lisensi D pada tahun 2022 tidak bisa mendampingi tim. Terutama di Regulasi PSSI Liga 3, Piala Suratin U-17 dan U-15.

Menurut Supeno, peran pelatih dalam sebuah tim sepak bola sangat penting. Karena bertugas memimpin dan membina suatu tim agar terus berkembang dan membuahkan prestasi.

“Itulah sebabnya pelatih wajib berlisensi. Karena dalam pelatihan lisensi, diberikan materi-materi yang dibutuhkan oleh seorang pelatih. Ini juga sebagai upaya meningkatkan mutu persepakbolaan di Lampung,” pungkasnya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *