SMPN 2 Seputihmataram Gelar Work Shop Penyusunan RKJM dan RKS

Radarlamteng.com, SEPUTIHMATARAM – SMP Negeri 2 Seputihmataram Lampung Tengah menggelar work shop penyusunan rencana kerja jangka menengah (RKJM) dan rencana kerja sekolah (RKS). Kegiatan work shop  tersebut bertempat di aula sekolah setempat Rabu (13/10/2021).

Work shop penyusunan RKJM dan RKS menghadirkan nara sumber Krisna Meiwanto, S.Pd, MM, selaku pengawas sekolah Dinas Pendidikan Lampung Tengah. Adapun, peserta work shop ini di ikuti kepala sekolah dan seluruh dewan guru beserta staf tata usaha, serta seluruh anggota komite sekolah.

Krisna Meiwanto, S.Pd, MM, dalam pemaparannya menjelaskan bahwa work shop penyusunan RKJM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru dan staf tata usaha dalam menyusun rencana atau program sekolah yang akan di capai.

“Penyusunan RKJM ini nantinya di sesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi sekolah, serta kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu diperlukan perencanaan yang matang dan kerjasama dari pelaku sekolah untuk mencapai tujuan sekolah yang lebih baik dengan resiko yang kecil dan untuk menghadapi ketidakpastian di masa depan,” papar Krisna.

Selain itu lanjut Krisna, sekolah harus membuat rencana kerja sekolah (RKS) meliputi yakni rencana kerja jangka menengah RKJM dan rencana kerja tahunan (RKT). Adapun, fungsi rencana kerja sekolah meliputi legitimasi, pengarah, minimalisasi ketidakpastian, minimalisasi pemborosan sumberdaya, dan penetapan standar kualitas.

“Rencana kerja sekolah (RKS) suatu proses menentukan tindakan masa depan sekolah yang tepat, melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan ketersediaan sumber daya. Selain itu, merupakan dokumen tentang gambaran kegiatan sekolah di masa depan untuk mencapai tujuan dan sasaran sekolah yang telah ditetapkan,” ujar Krisna.

Kepala SMP Negeri 2 Seputimataram Sulaiman, S.Pd, M.Pd, dalam kesempatan itu menambahkan agar saat pembagian tim penyusunan rencana kerja jangka menengah (RKJM) nanti semua pihak yang terlibat dapat membangun kerja sama yang baik untuk mewujudkan rencana kerja sekolah (RKS) agar sekolah kita lebih baik lagi kedepannya bahkan terbaik tingkat SMP di Lampung Tengah Berjaya ini.

“Work shop ini bertujuan menyiapkan seluruh dokumen pelaksanaan dan pengembangan sekolah. Di sisi lain, work shop RKJM dan RKS ini juga menjadi wahana penyatuan visi semua stakeholder SMP Negeri 2 Seputihmataram menuju sukses,” pungkas Leman. (bil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *