UN Dihapus, SD di Lamteng Boleh Lakukan US Tatap Muka

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Tengah memberi kelonggaran kepada satuan pendidikan tingkst SD yang akan melaksanakan ujian sekolah (US) pada pertengahan Ramadan, yakni 26 sampai 30 April 2021.

Meski dalam kondisi pandemi, dalam melaksanakan US pihak satuan pendidikan diberikan dua opsi. Pertama, bisa dilaksanakan secara daring dan kedua, boleh dilakukan dengan luring (tatap muka).

Namun ketika dilaksanakan secara tatap muka wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta menyesuaikan kondisi masing-masing satuan pendidikan berada.

“Bisa daring bisa luring. Disesuaikan dengan kondisi (penyebaran Covid-19) di satuan pendidikan tersebut,” ujar Kabid Dikdas Disdikbud Lamteng Dr. Hi. Nur Rohman, SE. M.Sos.I, Rabu (14/4/2021).

Menurut Nur Rohman, adanya keputusan pemerintah meniadakan atau menghapus ujian nasional (UN) tahun 2021, menjadikan US sebagai salah satu syarat penentu kelulusan yang sangat penting diikuti peserta didik.

“Jadi sekarang tidak ada lagi UN. Diganti dengan US,” ucapnya.

Selain hasil US, ada beberapa poin lainnya yang bisa digunakan sebagai penentu kelulusan peserta didik.

Diantaranya, siswa telah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester serta memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik.

Diketahui, pemerintah resmi meniadakan UN 2021. Ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *