Ajak Masyarakat Dukung Vaksinasi Covid-19, Kapuskes Rumbia Siap Disuntik Pertama

Radarlamteng.com, RUMBIA – Kepala Puskesmas Rumbia sekaligus Sekretaris Satgas Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Rumbia Kab Lampung Tengah, I Gusti Yoga, SKM., M.Kes., ajak masyarakat di wilayah setempat mendukung dan berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19.

“Nanti saat program vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Rumbia mulai dilakukan, saya sendiri berencana dan siap menjadi orang yang pertama kali divaksinasi di wilayah Kecamatan Rumbia,” kata I Gusti Yoga, Senin (11/1/2021).

Menurut Yoga-sapaan akrabnya, hal ini untuk menegaskan kepada masyarakat bahwa tidak perlu takut dengan berita yang tidak benar tentang vaksinasi covid-19.

Dikatakan Yoga, vaksinasi Covid-19 seperti umumnya vaksinasi untuk bayi dan balita seperti BCG, DPT, Polio, Campak, Hepatitis dan vaksinasj lainnya. “Juga seperti vaksinasi influenza bagi calon jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci,” ujarnya.

Bicara tentang efektivitas dan keamanan vaksin Covid-19, jelasnya, tentu menjadi hal yang sangat penting dan prioritas. “Kita punya pakar dan BPOM yang akan menguji untuk menentukan hal tersebut, juga ada MUI yang telah memastikan bahwa vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac tersebut adalah halal,” tegasnya.

Jika BPOM telah menerbitkan izin penggunaan pada masa darurat atau EUA (Emergency Use Autorization) berarti vaksin tersebut aman dan efektif untuk membuat tubuh menjadi kebal terhadap covid-19.

“Ditambah MUI telah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin Covid-19 halal. Jadi masyarakat tidak perlu takut, dan justru harus bersedia divaksinasi untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan orang lain atau masyarakat secara menyeluruh,” ucap Yoga.

Masih dikatakan Yoga, vaksinasi adalah temuan spektakuler dari dunia kesehatan yang sangat bermanfaat dan patut disyukuri. Sehingga untuk mendapatkan kekebalan terhadap penyakit tertentu tidak perlu terlebih dahulu harus menderita penyakit yang dimaksus. “Artinya dengan vaksinasi, kekebalan tersebut dapat kita peroleh tanpa harus mengalami atau terjangkit penyakit terlebih dahulu,” tukasnya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *