Kampung Srikencono Peringati HUT ke- 56

Radarlamteng.com, BUMINABUNG – Kampung Srikencono, Kecamatan Buminabung genap berusia 56 tahun. Peringatan hari jadi tersebut, dilakukan pada Minggu (13/9/2020) malam.

Dimulai dari acara doa bersama, santunan anak yatim, pemberian tali asih kepada sesepuh/pejuang kampung dan ditutup dengan pagelaran wayang kulit sebagai ritual ruwat kampung.Kakam Srikencono Hi. Sularto HS mengatakan bahwa doa bersama ini diikuti seluruh tokoh dan masyarakat kampung.”Kita memanjatkan doa untuk kesejahteraan dan kedamaian masyarakat kampung. Termasuk berdoa agar virus corona yang sedang mewabah ini segera berakhir,” kata Sularto.Selanjutnya, terkait pemberian santunan dan tali asih merupakan bentuk kepedulian pemerintah kampung terhadap anak yatim dan sesepuh.

“Para sesepuh ini adalah para pejuang kampung yang berjasa dalam mendirikan kampung ini,” jelasnya.

Sedangkan ritual ruwatan adalah tradisi rutin yang dilakukan setiap tahun. “Ini adalah tradisi, sekaligus menjaga kelestarian budaya,” pungkasnya.

Dalam perayaan HUT di tengah pandemi tersebut, Sularto berharap agar masyarakat Srikencono bisa terus menjalani kehidupan dengan guyub dan rukun.”Persatuan dan kesatuan harus kita bina. Momentum ulang tahun ini harus kita jadikan untuk terus bebenah di semua lini,” harapnya.

Tak lupa, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga kesehatan dan selalu patuh dengan protokol kesehatan mencegah Covid-19.”Apalai salah satu warga kita sudah pernah terpapar corona beberapa waktu lalu. Dan Alhamdulillah sudah sembuh, tidak sampai menjadi pusat penyebaran,” tutupnya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *