PTPN VII Unit Usaha Bekri Sinergikan Warga Sekitar Kelola Usaha

Radarlamteng.com, BEKRI – PTPN VII Unit Usaha Bekri sinergikan masyarakat sekitar untuk berperan dalam pengelolaan hasil usaha. Perusahaan perkebunan milik negara yang mengelola sawit dan tebu ini mengajak masyarakat sekitar untuk bekerja.

Dari 10 desa penyangga dan empat kecamatan di wilayah kerja PTPN VII Unit Bekri, sekitar 400 warga bekerja sebagai tenaga tebang tebu dan angkut tebu. Sementara untuk sawit tenaga lokal ini juga bekerja bongkar buah sawit.

Plt Manager PTPN VII Unit Bekri Ajie Susandi,S.T, didamping Mukti Ali dan Sandi saat ditemui Radarlamteng.com di ruang kerjanya Sabtu (8/8/2020) menjelaskan dengan pemberdayaan tenaga lokal dari warga di sekitar perusahaan akan dapat berkontribusi positif.

“Disamping pemberdayaan tenaga kerja, PTPN VII juga secara intens berperan dalam bantuan perbaikan sarana umum bagi masyarakat. Dari 10 kampung penyangga telah diberikan alat penerangan jalan, kemudian perbaikan jalan yang rusak dengan bantuan alat berat, serta bantuan bibit pohon,” paparnya.

Pada musim kemarau, tambah Ajie perusahaan perkebunan plat merah penghasil sawit dan tebu ini juga memberikan air bersih ke Kampung-Kampung dengan menggunakan mobil keliling. Termasuk juga jika terjadi musim banjir daerah yang menjadi langganan banjir seperti di Kampung Sinar Banten diberikan bantuan makanan.

Komitmen kepedulian sosial dan lingkungan kemasyarakatan yang digulirkan PTPN VII Unit Usaha Bekri dialokasikan dengan rutin melakukan bakti sosial donor darah serta sunatan massal. Kegiatan yang pernah dilaksanakan pada Desember 2019 juga mampu mengumpulkan sekitar 200 kantong darah dan diberikan ke PMI Lampung Tengah. 

Bantuan lain, yang juga berada diwilayah kerja PTPN VII Unit Usaha Bekri juga ada Unit Usaha Padangratu memberikan bantuan alat berat selama 4 bulan dalam membuat jalan penghubung antar Kampung di Kecamatan Anak Tuha, bersama TNI manunggal masuk Desa. Dari sisi pengelolaan pajak PBB, guna membantu Pemerintah Daerah Lamteng turut berupaya dalam pembayaran PBB hingga memasukan KAS Daerah  Rp 1 Milyard untuk Unit Usaha Bekri dan Rp 1 Milyar dari Unit Usaha Padangratu.

Dimasa pandemi Covid 19 ini, solidaritas kemanusiaan PTPN VII Unit Usaha Bekri dengan menyerahkan alat cuci tangan di 10 Kampung Penyangga. ” Kami berharap bersama warga dapat memerangi penyebaran wabah virus mematikan ini diseputar Kecamatan Bekri dan sekitarnya, selain itu guna meningkatkan imunitas tubuh kami juga memberikan kesempatan bagi warga untuk menggunakan fasilitas olahraga yang ada di lokasi kantor, ” ucap Ajie.

Sebagai wacana pengembangan usaha PTPN VII Unit Usaha Bekri sudah melirik potensi pariwisata serta kemitraaan UMKM. Danau Bekri, Tempat Wisata Religi di Kampung Mekar Jaya akan dikembangkan sebagai potensi wisata yang dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat luar daerah. Sementara untuk UMKM para pedagang jamur disepanjang jalan diperkebunan Bekri akan digandeng untuk dapat menjadi mitra binaan PTPN VII Unit Usaha Bekri. (sci/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *