Wakapolda Lampung dan Bupati Lamteng Launching Kampung Tangguh Nusantara

Radarlamteng.com, BUMIRATUNUBAN – Wakapolda Lampung Brigjen Drs. Sudarsono, SH. M. Hum., bersama Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto melauncing Tulung Kakan, Kecamatan Bumiratunuban sebagai Kampung Tangguh Nusantara (KTN), Rabu (29/7/2020).

Wakapolda Lampung Sudarsono mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan perintah Presiden RI Jokowi melalui Kapolri untuk membentuk Kampung Tangguh Nusantara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Yang telah diawali di beberapa polda yang ada di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan tersebut

“Tentunya kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Covid-19 yang sangat berdampak kepada masyarakat kita, maka kegiatan ini adalah salah satu yang kita laksanakan, sebagai cara untuk meningkatkan daya tahan perekonomian pada masyarakat kita,” terang Sudarsono.

Kampung Tangguh Nusantara kata Sudarsono, diharapkan masyarakat dapat lebih memanfaatkan lahan serta potensi yang ada untuk meningkatkan income bagi keluarga. “Dari pihak Pemerintah Daerah dan juga pihak Kepolisian seperti Bhabinkamtibmas sudah di beri pelatihan bagaimana contoh dalam penanaman sayuran seperti cabai, ketimun dan sayur-sayur yang ada di lingkungan masyarakat sesuai iklim yang ada,” tambahnya.

Sudarsono berharap, Kampung Tangguh Nusantara dapat terbentuk di seluruh kampung yang ada di Lampung. “Tentunya kami berharap kegiatan ini dapat terbentuk di seluruh Lampung, maka dari itu kami berharap 2.640 Bhabinkamtibmas dapat bergerak untuk menyampaikan kepada desa-desa yang ada agar masyarakat dapat melaksanakan kegiatan ini, sehingga ketangguhan dari masyarakat khususnya pada lumbung pangan, karena kami yakin Lampung dengan potensi yang kita miliki tentu akan berdampak positif,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Lamteng Loekman Djoyosumarto menjelaskan, bahwa KTN merupakan program yang baik, sebab program tersebut bukan hanya di bidang keamanan maupun pertanian saja namun di seluruh aspek kehidupan masyarakat.

“Saya selaku Bupati Lamteng sangat mengapresiasi dalam membentuk KTN ini, ini merupakan tantangan buat kita, justru tantangan bagi Pemerintah Daerah untuk mengembangkan, kita memiliki 311 kampung dan kelurahan, nah harapan saya nanti pada akhirnya semua ini menjadi kampung tangguh dan kelurahan tangguh,” ungkapnya.

Dilanjutkan Loekman, bahwa dirinya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar dapat membentuk satu KTN di satu kecamatan. “Sebagai tahap awal, supaya KTN ini di bentuk minimal satu kecamatan satu kampung dulu, sebagai failed projectsnya, nah nanti dengan pembinaan-pembinaan kita kalau itu berhasil kan nantinya kampung-kampung lainnya akan mengikuti dengan sendirinya,” tutupnya.

Usai melaunching Kampung Tangguh Nusantara dengan melepas balon ke udara, Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto bersama Wakapolda Lampung Brigjen Sudarsono, Dirbinmas Kombespol Anang Triarsono, Kapolres Lamteng AKBP Popon Ardianto Sunggoro, dan Dandim 0411/LT Letkol CZI Burhannudin, berkeliling melihat potensi-potensi yang ada, seperti Kesehatan, Perternakan, dan Pertanian serta melakukan panen raya buah Nanas dan Bengkoang. (cw29/rid)

1 thought on “Wakapolda Lampung dan Bupati Lamteng Launching Kampung Tangguh Nusantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *