Panen Jagung, Hasil Program Pembinaan Pertanian Warga Binaan Lapas Gunung Sugih

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH- Program pembinaan pertanian warga binaan lapas terus di giatkan oleh Kalapas Kelas II B Gunung Sugih, Sohibur Rachman, dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di area lapas setempat. Untuk kedua kalinya, program ini membuahkan hasil panen jagung yang dapat di nikmati para nara pidana (napi).

Kalapas menjelaskan, pada Hari Sabtu (18/07/2020) bersama dengan jajarannya dan para napi melaksanakan kegiatan panen jagung manis. Ini merupakan salah satu upaya edukasi di bidang pertanian bagi warga binaan di lapas setempat, pasalnya mulai dari tahap penanaman jagung, perawatan hingga panen menjadikan para napi terlibat langsung dalam setiap prosesnya. Sehingga ilmu yang di dapat para napi bisa menjadi bekal ketika mereka bebas.

“Alhamdulillah, ini merupakan kali keduanya kami bersama para napi memetik jagung hasil dari program pembinaan pertanian luar lapas. Jagung yang telah kita tanam bersama-sama, hasilnya akan di nikmati bersama untuk warga binaan dan pegawai. Sementara ilmu yang mereka dapat nantinya bisa di implementasikan di tengah kehidupan sosial setelah mereka bebas,” ujar Kalapas.

Ia menambahkan, selanjutnya para napi akan di edukasi untuk melakukan peremajaan tanah di perkebunan luar lapas ini, supaya kedepannya dapat kembali di tanami jagung atau tanaman lainya yang sesuai dengan kondisi musim dan cuaca.

“Kami berharap, dengan lahan Lapas Gunung Sugih yang cukup luas serta kondisi tanah yang subur, program pembinaan pertanian luar lapas dapat lebih produktif. Sebingga kedepan dapat menghasilkan produk pertanian unggul,” pungkasnya. (rls/cw26/gde)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *