Kabar Baik Hasil Swab Test Massal di Puskesmas Rumbia, Seluruhnya Negatif!

Radarlamteng.com, RUMBIA – Akhirnya, 41 orang yang menjalani swab test di Puskesmas Rumbia, Lampung Tengah (Lamteng) pada Selasa (14/7/2020), seluruhnya dinyatakan negatif Covid-19.

Hasil ini dibeberkan Kepala Puskesmas Rumbia, I Gusti Yoga, S.Km., M.Kes., Rabu (15/7/2019) petang.

“Kami menyampaikan informasi bahwa ada kabar baik dari tim Dinkes Lamteng tentang hasil swab test kemarin. Hasilnya negatif semua,” kata Gusti Yoga via WhatsApp.

Diketahui, swab test massal di Puskesmas Rumbia tersebut diikuti sebanyak 41 orang. Rinciannya, 21 orang jalani tes kedua karena memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seorang perempuan berinisial G (28 tahun).

Sedangkan 20 orang lainnya menjalani tes pertama karena memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19, M (9 tahun) dan K (3 tahun). M dan K adalah anak G. Ketiga pasien terkonfirmasi itu adalah warga Kota Bandarlampung yang pernah tinggal sementara di Kecamatan Rumbia.

Karena itu, sambung Yoga, bagi 20 orang yang pernah kontak erat dengan M dan K masih akan menjalani swab test kedua. “Sehingga masih tetap menjalankan masa isolasi mandiri 14 hari sampai tanggal 20 Juli 2020 atau menunggu hasil swab kedua,” urainya.

Sedangkan, bagi 21 orang yang kontak erat dengan pasian G dinyatakan sudah selesai masa isolasi dan dapat beraktivitas seperti sedia kala dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Karena telah swab test kedua dan hasilnya negatif” pungkas Yoga.

Pihaknya kembali mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas. Menurutnya, dalam protokol kesehatan ada satu tambahan sesuai dengan update pengetahuan tentang penularan Covid-19 oleh WHO, bahwa penularannya juga dapat terjadi melalui aerosol (penularan melalui udara dalam jarak pendek).

“Jadi protokol kesehatannya adalah gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun atau gunakan hand sanitizer, dan memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik di ruangan tempat bekerja,” imbaunya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *