Masih Zona Kuning, Siswa Lamteng Tetap Belajar dari Rumah

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) akhirnya memberi keputusan terkait kegiatan belajar mengajar (KBM) di awal Tahun Pelajaran (TP) 2020/2021 yang dimulai pada Kamis 16 Juli 2020.

Dengan berbagai pertimbangan, siswa di Kabupaten Lampung Tengah belum diperbolehkan belajar dengan tatap muka di dalam kelas. Artinya, kegiatan belajar masih berlangsung dari rumah. Ini berlaku bagi siswa jenjang pendidikan dasar, yakni tingkat PAUD, TK, SD dan SMP.

Keputusan itu diambil karena sesuai Ketetapan Gugus Covid-19 bahwa untuk Kabupaten Lampung Tengah masih dalam kategori zona kuning penyebaran virus corona.

“Dengan ini diputuskan kegiatan Masa Pengenalan Sekolah dan Lingkungan (MPSL) bagi siswa baru satuan PAUD, kelas 1 SD dan kelas VII SMP belum diperbolehkan secara tatap muka di sekolah. Lalu kegiatan proses belajar mengajar untuk semua jenjang PAUD, SD dan SMP, agar tetap dilaksanakan secara daring, yakni siswa belajar di rumah, sampai ada peraturan lebih lanjut,” kata Kabid Dikdas Dr. Nur Rohman, SE., M.Sos.I, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Lampung Tengah Syarief Kusen, S.Pd., MM, Minggu (12/7/2020).

Menurut dia, KBM tatap muka bisa dilakukan, namun menunggu status menjadi daerah zona hijau. “Jika sudah (masuk zona hijau) bisa dengan tatap muka. Tapi dengan berbagai macam catatan sebagaimana yang sudah ditentukan oleh keputusan bersama empat menteri,” jelasnya.

Sebagai acuan kegiatan belajar di masa Covid-19, satuan pendidikan wajib berpedoman Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 01/ KB/ 2020, Nomor : 440 — 882 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Pelajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19.

Lalu Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 15 Tahun 2020 tanggal 18 Mei 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid- 19.

Selanjutnya, Surat Edaran Bupati Lampung Tengah Nomor : 0548/KPTS/D.a.VI.01/ 2020 tanggal 20 April 2020 tentang Pelaksanaan Belajar Mengajar Bagi Peserta Didik pada Satuan Pendidikan dan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah Nomor : 420/2082/01/D.a.V1.01/2020 tanggal 02 Mei 2020 tentang Up date Informasi Penilaian Akhir Semester Genap dan PPDB.

Tak hanya itu, Nur Rohman berharap agar selama masa pandemi Covid-19 kegiatan di kantor dan sekolah agar tetap patuh pada protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, ukur suhu badan dan physical distancing.

“Demikian hal ini disampaikan kepada seluruh Korwil Pendidikan Kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah agar dilaksanakan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengizinkan belajar dengan tatap muka di dalam kelas untuk 104 kabupaten/kota se Indonesia.

Namun hanya sekolah yang berada di wilayah zona hijau Covid-19 yang boleh melakukan pembelajaran tatap muka. Untuk di Lampung, sesuai daftar yang dirilis, daerah yang diperbolehkan yakni Lampung Timur, Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan dan Pesawaran. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *